Pages

Loading...

Ekonomi - Produk Bank Mandiri

“PRODUK BANK MANDIRI”

Sebagai Tugas Mata Pelajaran Ekonomi

DSCN6334.JPG

DSCN6335.JPG

DSCN6330.JPG

Oleh:

Nama : Indah Ashlachal Ummah

Kelas : 11 SOS 1

No : 15024

DINAS PENDIDIKAN KOTA MALANG

SMA MEGERI 2 MALANG

JL. Laks Martadinata 84 Malang



BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Indonesia merupakan negara yang berkembang, dan rupiah merupakan salah satu faktor penunjang berkembangnya perekonomian Indonesia. Pergfantian nilai Rupiah, memang sangan berhubungan dengan berjalannya siklus ekonomi Indonesia. Semua sektor pun, juga memberi dan dipengaruhinoleh rupiah. Biasanya masyarakat Indonesia mengtamankan uang di bank, kegiatan tersebut sangan berpengaruh pada tinggi rendahnya peredaran uang. jadi sangat berhubungan sekali antara rupiah, bank dan perekonomian. bank di Indonesia sekarang ini, lebih banyak dari tahun tahun sebelumnya, dan para pengelola bank dari dalam negeri atau luar negeri berlomba lombamendirikan cabang banknya di pelosok nusantara. Tak hanya itu, produk bank bank tersebut semakin berfariasi. dan pada pandangan masyarakat Indonesia yang kelas ekonominya menengah ke bawah, mungkin menganggap semakin banyak bank yang dijadikan penyimpanan uang, semakin kaya orang tersebut. Pendapat ini juga berhubungan dengan pihak banknya sendiri, semakin banyak produk yang mereka tawarkan, semakin besar pula bunga yang harus dibayarkan tiap bulannya. Dari produk mempermudah fasilitas transaksi, hingga prodak sekelas dengan asuransi. Program ini juga memberi sinyal positif kepada perekonomian negara, karena berjalannya produk tersebut juga berdampak pada peredaran mata uang rupiah.

Pihak Bank sendiri mempromosikan produk mereka melalui banyak media, termasuk dari brosur-brosur yang diterbitkan, pamflet, hingga iklan/sponsor yang meyertakan artis dengan berbagai hadiah. Tentu saja usaha tersebut agar produk bank dapat laku dilinhgkungan masyarakat. Serta pihaak bank juga memberi layanan transaksi yang mungkin bisa dijangkau oleh para nasabah dimanapun nasabah berada, memberi layanan praktis agar nasabah yang mempunyai kesibukan lebih tidak memnghabiskan waktu untuk bertransaksi. Penulia akan membahas tentang produk yang ditawarkan pada pada nasabah di salah satu bank di Indonesia, Bank Mandiri. Dan membahas tentang fasilitas transaksi yang diberikan oleh bank Mandiri sendiri.

1.2 Rumusan Masalah

1) Bagaimana Bank Mandiri itu?

2) Apa saja produk ynag ditawarkan oleh Bank Mandiri?

3) Apa saja fasilitas yang ditaawarkan oleh pihak bank agar mempermudah transaksi?

1.3 Tujuan

1) Untuk mengetahui Bank Mandiri.

2) Untuk mengetahui produk ynag ditawarkan oleh Bank Mandiri.

3) Untuk mengetahui fasilitas yang ditaawarkan oleh pihak bank agar mempermudah transaksi.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Bank Mandiri

PT.Bank Mandiri (PERSERO) Tbk.

Bank Mandiri.jpg

tipe

Jasa keuangan/publik

Didirikan

Pemerintah Indonesia (1998)

Letak

Tokoh penting

Agus Martowardojo,
Direktur Utama

Pendapatan

Green Arrow Up.svgRp 20 Triliun(FY 2008)[

Laba bersih

Green Arrow Up.svgRp 5,31 Triliun (FY 2008)[

Situs

http://www.bankmandiri.co.id

PT Bank Mandiri (PERSERO) Tbk.

Bank Mandiri berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), bergabung menjadi Bank Mandiri.

Pra penggabungan

Sejarah keempat Bank (BBD, BDN, Bank Exim, dan Bapindo) tersebut sebelum bergabung menjadi Bank Mandiri, dapat ditelusuri lebih dari 140 tahun yang lalu. Keempat bank nasional tersebut telah turut membentuk riwayat perkembangan dunia perbankan Indonesia.

Bank Dagang Negara

Bank Dagang Negara merupakan salah satu bank tertua di Indonesia. Sebelumnya Bank Dagang Negara dikenal sebagai Nederlandsch Indische Escompto Maatschappij yang didirikan di Batavia (Jakarta) pada tahun 1857. Pada tahun 1949 namanya berubah menjadi Escomptobank NV. Selanjutnya, pada tahun 1960 Escomptobank dinasionalisasi dan berubah nama menjadi Bank Dagang Negara, sebuah Bank pemerintah ynag membiayai sektor industri dan pertambangan.

Bank Bumi Daya

Bank Bumi Daya didirikan melalui suatu proses panjang yang bermula dari nasionalisasi sebuah perusahaan Belanda De Nationale Handelsbank NV, menjadi Bank Umum Negara pada tahun 1959. Pada tahun 1964, Chartered Bank (sebelumnya adalah Bank milik Inggris) juga dinasionalisasi, dan Bank Umum Negara diberi hak untuk melanjutkan operasi Bank tersebut. Pada tahun 1965, bank umum negara digabungkan ke dalam Bank Negara Indonesia dan berganti nama menjadi Bank Negara Indonesia Unit IV beralih menjadi Bank Bumi Daya.

Bank Ekspor Impor Indonesia

Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim) berawal dari perusahaan dagang Belanda N.V. Nederlansche Handels Maatschappij yang didirikan pada tahun 1842 dan mengembangkan kegiatannya di sektor perbankan pada tahun 1870. Pemerintah Indonesia menasionalisasi perusahaan ini pada tahun 1960, dan selanjutnya pada tahun 1965 perusahan ini digabung dengan Bank Negara Indonesia menjadi Bank Negara Indonesia Unit II. Pada tahun 1968 Bank Negara Indonsia Unit II dipecah menjadi dua unit, salah satunya adalah Bank Negara Indonesia Unit II Divisi Expor – Impor, yang akhirnya menjadi BankExim, bank Pemerintah yang membiayai kegiatan ekspor dan impor.

Bank Pembangunan Indonesia

Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) berawal dari Bank Industri Negara (BIN), sebuah Bank Industri yang didirikan pada tahun1951. Misi Bank Industri Negara adalah mendukung pengembangan sektor – sektor ekonomi tertentu, khususnya perkebunan, industri, dan pertambangan. Bapindo dibentuk sebagai bank milik negara pada tahun 1960 dan BIN kemudian digabung dengan Bank Bapindo. Pada tahun 1970, Bapindo ditugaskan untuk membantu pembangunan nasional melalui pembiayaan jangka menengah dan jangka panjang pada sektor manufaktur, transportasi dan pariwisata.

Pasca penggabungan

Logo lama Bank Mandiri (Juli 1999 - Januari 2008)

Bank Mandiri dibentuk pada 2 Oktober 1998, dan empat bank asalnya efektif mulai beroperasi sebagai bank gabungan pada pertengahan tahun 1999. Dalam proses penggabungan dan pengorganisasian ulang tersebut, jumlah cabang Bank Mandiri dikurangi sebanyak 194 buah dan karyawannya berkurang dari 26.600 menjadi 17.620. Direktur Utamanya yang pertama adalah Robby Djohan. Kemudian pada Mei 2000, posisi Djohan digantikan ECW Neloe. Neloe menjabat selama lima tahun, sebelum digantikan Agus Martowardojo sebagai Direktur Utama sejak Mei 2005. Neloe menghadapi dugaan keterlibatan pada kasus korupsi di bank tersebut.

Pada Maret 2005, Bank Mandiri mempunyai 829 cabang yang tersebar di sepanjang Indonesia dan enam cabang di luar negeri. Selain itu, Bank Mandiri mempunyai sekitar 2.500 ATM dan tiga anak perusahaan utama yaitu Bank Syariah Mandiri, Mandiri Sekuritas, dan AXA Mandiri.

2.2. DSCN6367.JPGProduk Bank Mandiri

2.2.1. Mandiri Tabungan

2.2.1.2. Mandiri Tabungan

Mudah

  • Hanya dengan setoran awal sebesar Rp 250.000,- Anda telah memiliki rekening Mandiri Tabungan
  • Anda mendapatkan Kartu Mandiri Debit yang yang berlogo VISA baik di dalam maupun di luar negeri
  • Dapat bertransaksi di 4000 ATM Mandiri, 10.500 ATM Bersama, 6.200 ATM LINK maupun 950.000 ATM berlogo VISA di seluruh dunia
  • Fasilitas Mandiri SMS, Mandiri Internet dan Mandiri Call menambah kenyamanan Anda bertransaksi dimana saja dan kapan saja sehingga Anda lebih leluasa memanfaatkan waktu Anda
  • Layanan Weekend Banking pada hari Sabtu dan Minggu di beberapa Cabang, memberi kesempatan bagi Anda yang tidak dapat bertransaksi di Cabang pada hari kerja karena kesibukan Anda

Fasilitas

  • Layanan Autodebet, Layanan autodebet membantu Anda dalam melakukan pembayaran berbagai tagihan rutin bulanan, seperti air, listrik, telepon, handphone, kartu kredit atau tagihan lainnya secara otomatis setiap bulannya sehingga Anda terhindar dari tunggakan tagihan
  • Layanan Automatic Fund Transfer (AFT), Layanan AFT menjadikan hidup lebih nyaman karena membantu Anda dalam melakukan transfer dana rutin secara otomatis kepada keluarga atau mitra bisnis sehingga Anda tidak perlu khawatir kewajiban Anda akan terlupakan

Program Undian Berhadiah

  • Mandiri Tabungan menyelenggarakan program undian berhadiah Mandiri Fiesta secara rutin dengan memberikan hadiah terbesar
  • DSCN6370.JPGProgram undian Mandiri Fiesta tahun 2007/2008 memberikan hadiah 50 New Camry, 200 Kijang Innova dan 4.200 Motor Honda

2.2.1.2. Mandiri Bisnis

Fasilitas

  • Tersedia dalam mata uang Rupiah dan US Dollar
  • Dilengkapi dengan Kartu Mandiri Debit dan Layanan e-Banking Mandiri : SMS Banking, Internet Banking, Mandiri Call.
  • Gratis biaya transfer dana antar rekening Bank Mandiri secara otomatis.
  • Buku Tabungan dilengkapi deskripsi dan keterangan transaksi yang lebih jelas dan lengkap, contoh:

Tanggal / Date

Mutasi / Transaction

Saldo / Balance

11/03/2008

5.000.000,-

5.000.000,-

Transfer ATM dari Wasis

14/03/2008

75.000.000,-

80.000.000,-

Transfer dari Bayu Mandiri, PT

2.2.1.3. Mandiri Rencana

Keuntungan

  • Kebebasan menentukan dan mengubah setoran bulanan mulai Rp 100.000 atau USD 10,-per bulan.
  • Anda dapat menambah dana ke Mandiri Tabungan Rencana di luar setoran bulanan.
  • Jangka waktu yang fleksibel (1 thn 20 thn).
  • Perlindungan Asuransi gratis (Bank Mandiri bekerjasama dengan PT Asuransi Jiwa Manulife memberikan perlindungan asuransi bagi penabung hingga Rp 5 juta atau USD 500,- per bulan untuk setiap penabung).
  • Konsultasi gratis dengan Customer Service professional kami.
  • Suku bunga MTR diatas suku bunga tertinggi Mandiri Tabungan

FAQ [Frequentlt Asked Question]

Apa bedanya Mandiri Tabungan Rencana dengan tabungan biasa?

Dengan Mandiri Tabungan Rencana, Anda mendapat perlindungan asuransi dengan gratis (premi asuransi dibayar Bank Mandiri), plus bunga yang relatif lebih tinggi. Mandiri Tabungan Rencana dirancang agar keinginan Anda di masa depan dapat terwujud, tanpa ada halangan apapun

Bagaimana caranya kita mendapat perlindungan asuransi ini dan kapan kita mendapat perlindungan asuransi ini?

DSCN6341.JPGSangat mudah, Anda hanya perlu mengisi formulir pernyataan yang kami sediakan pada saat pendaftaran, tanpa perlu melakukan medical check-up. Segera setelah Anda terdaftar sebagai nasabah Mandiri Tabungan Rencana, secara otomotis Anda akan mendapat perlindungan asuransi.

2.2.1.4. Mandiri Haji

Keuntungan

  • Diprioritaskan untuk terdaftar sebagai Calon Jemaah Haji setelah memperoleh dan menunjukkan Surat Pendaftaran Pergi Haji
  • Dapat dibuka diseluruh cabang Bank Mandiri sesuai domisili Calon Jemaah Haji
  • Dapat ditarik dan disetor diseluruh cabang Bank Mandiri
  • Mendapatkan perlindungan asuransi jiwa dan barang souvenir haji, sesuai ketentuan yang berlaku di Bank Mandiri

Fasilitas

  • Jaringan Bank Mandiri yang luas dengan cabang yang tersebar diseluruh nusantara dan seluruhnya online dengan SISKOHAT Departemen Agama memudahkan Anda terdaftar sebagai Calon Jemaah Haji
  • Jaringan kantor kami yang luas memudahkan Anda untuk bertransaksi dimanapun
  • Diberikan kartu Mandiri Debit bagi Calon Jemaah Haji yang menghendaki
  • Penyetoran dapat dilakukan melalui ATM, Mandiri SMS, Mandiri Internet dan Mandiri Call 24 Jam

Persyaratan

  • Kartu Identitas: KTP
  • Setoran awal dan saldo minimum Rp. 500.000,-
  • Data didaftarkan pada SISKOHAT Departemen Agama setelah saldo Tabungan Haji mencapai Rp. 20 juta dan Calon Jemaah Haji memperoleh dan mendapatkan Surat Pendaftaran Pergi Haji dari Kandepag domisili
  • Mandiri Tabungan Haji boleh ditutup setelah Jemaah haji tiba kembali di rumah dari tanah suci

2.2.1.5. Mandiri Valas

Keuntungan

  • Penyetoran banknotes pecahan USD 100 dengan kondisi fisik baik, bebas komisi dan kurs jual beli
  • Penarikan banknotes hingga USD 20.000 per bulan bebas biaya komisi dan kurs jual beli
  • Nilai tukar mata uang yang kompetitif
  • Bunga simpanan yang menarik

Kemudahan

  • Penarikan dana secara tunai/non tunai dapat dilakukan di seluruh Cabang Bank Mandiri di Indonesia
  • Penyetoran dapat dilakukan secara tunai/non tunai dalam valuta Rupiah, US Dollar atau mata uang lainnya
  • Penarikan dapat dilakukan dalam berbagai pilihan mata uang, yaitu Rupiah, US Dollar atau mata uang lain selama persediaan tersedia

Kenyamanan

  • Tersedia fasilitas mandiri internet dan mandiri sms yang memudahkan Anda melakukan transaksi keuangan dengan nyaman, misalnya transfer antar rekening Bank Mandiri atau transfer ke rekening bank lain dalam negeri
  • Tersedia layanan 24 jam untuk transaksi non keuangan, misalnya informasi saldo/ transaksi rekening, suku bunga dan sebagainya melalui mandiri internet, mandiri sms, mandiri atm dan mandiri call

2.2.2. Mandiri Giro

Keuntungan

Jasa Giro yang Progresif dan Kompetitif

  • Dengan sistem bunga harian yang progresif dan kompetitif, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan jasa giro yang lebih besar. Kemudahan
  • Penyetoran dan penarikan dapat dilakukan di semua kantor cabang Bank Mandiri.
  • Mandiri Giro dengan Cek dan Bilyet Giro Bank Mandiri, transaksi bisnis Anda menjadi lebih mudah.
  • Kemudahan bertransaksi melalui Mandiri ATM, Mandiri SMS, Mandiri Call, dan Mandiri Internet (khusus rekening Mandiri Giro perorangan).

Kenyamanan Bertransaksi

  • Dengan fasilitas jaringan lebih dari 4.100 Mandiri ATM dan 5.000 ATM Link yang tersebar luas, Anda tidak perlu lagi mengantri panjang di kantor cabang untuk melakukan transaksi perbankan Anda.
  • Dukungan lebih dari 1000 kantor cabang Bank Mandiri online yang tersebar di seluruh nusantara memberikan Anda lebih banyak keleluasaan untuk melakukan transaksi perbankan yang Anda kehendaki. Fasilitas

Pilihan Mata Uang

  • Tersedia beberapa mata uang : Rupiah, USD, SGD, EUR, AUD, GBP, JPY, HKD, dan CHF.
  • Sweep Account (Khusus Rekening Mandiri Giro Rupiah Perorangan)
  • Dengan fasilitas sweep, Anda dapat memindahkan dana secara otomatis dari rekening Mandiri Giro atau Mandiri Tabungan ke Rekening Giro Rupiah Anda sehingga kecukupan saldo di rekening Giro Rupiah Anda dapat terjamin.

Auto Debit (Khusus Rekening Mandiri Giro Rupiah)

  • Dengan fasilitas auto debit, memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran tagihan rutin bulanan.

2.2.3. Mandiri Deposito

2.2.3.1. Deposito

Untuk memastikan uang Anda diinvestasikan di tempat yang aman dan terpercaya sekaligus menguntungkan, Mandiri Deposito Rupiah adalah pilihan yang tepat dan dapat diandalkan.

Keuntungan

Suku Bunga yang Kompetitif

  • Suku bunga Mandiri Deposito yang kompetitif menjadikan investasi Anda lebih cepat berkembang.
  • Bunga dihitung berdasarkan jumlah hari sebenarnya (1 tahun dihitung 365 hari).

Fleksibilitas Tinggi

  • Tersedia berbagai pilihan jangka waktu yang dapat Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu: 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan.
  • Bebas memperpanjang deposito secara otomatis (Automatic Roll Over /ARO).
  • Anda dapat memilih untuk menginvestasikan kembali bunga deposito ke pokok deposito atau ditransfer ke rekening Mandiri Giro atau Mandiri Tabungan yang dapat ditarik setiap saat.
  • Bunga Deposito dapat diterima di muka, sehingga Anda tidak perlu membayar penuh sesuai jumlah yang Anda ingin tempatkan pada Mandiri Deposito Rupiah.
  • Dapat dibuka atas nama 2 orang pribadi (joint account).

Terpercaya

  • Bank Mandiri yang telah dikenal luas, memberikan simbol bonafiditas pribadi Anda dengan memiliki Mandiri Deposito.

Fasilitas

Automatic Roll Over (ARO)
Deposito Anda dapat diperpanjang secara otomatis pada saat jatuh tempo.

Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call

  • Pembukaan dan penutupan deposito dapat dilakukan melalui Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call.
  • Tersedia layanan informasi dan pembatalan perpanjangan deposito otomatis/ ARO melalui Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call khusus untuk deposito yang dibuka melalui Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call.

Dana Tunai Mandiri

  • Anda dapat memperoleh fasilitas Kredit Agunan Deposito dengan Deposito Anda sebagai jaminannya. Apapun kebutuhan Anda dapat dipenuhi dengan cepat dan mudah sementara Deposito Anda tetap menghasilkan bunga.

2.2.3.2. Deposito Berjangka

Suku Bunga yang Kompetitif

Suku bunga Deposito Mandiri yang kompetitif menjadikan investasi Anda lebih cepat berkembang

Fleksibilitas Tinggi

  • Tersedia berbagai pilihan jangka waktu yang dapat Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu: 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan.
  • Pada saat jatuh tempo, Anda dapat leluasa memilih untuk menikmati bunga secara tunai atau diinvestasikan kembali ke dalam pokok Deposito atau ditransfer ke rekening yang Anda kehendaki.
  • Bunga Deposito dapat diterima di muka, sehingga Anda tidak perlu membayar penuh sesuai jumlah yang Anda ingin tempatkan pada Deposito Rupiah Mandiri.

Terpercaya

Bank Mandiri yang telah dikenal luas, memberikan simbol bonafiditas pribadi Anda dengan memiliki Deposito Mandiri

Fasilitas

· Automatic Roll Over (ARO)
Deposito Anda dapat diperpanjang secara otomatis pada saat jatuh tempo.

· Dana Tunai Mandiri
Anda dapat memperoleh fasilitas Dana Tunai Mandiri dengan Deposito Anda sebagai jaminannya. Apapun kebutuhan Anda dapat dipenuhi dengan cepat dan mudah sementara Deposito Anda tetap menghasilkan bunga.

2.2.3.4. Deposito On Call

Suku Bunga yang Kompetitif

Suku bunga Deposito On Call Mandiri yang kompetitif menjadikan kelebihan likuiditas perusahaan Anda dapat memb erikan keuntungan optimal.

Fleksibilitas Tinggi

Tersedia berbagai pilihan jangka waktu yang dapat Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu:

  • 7 sampai dengan 13 hari
  • 14 sampai dengan 20 hari
  • 21 sampai dengan 28 hari

Terpercaya

Bank Mandiri yang telah dikenal luas, memberikan simbol bonafiditas pribadi Anda dengan rasa aman dan menguntungkan.

2.2.3.5. Deposito Valas

Fleksibilitas Tinggi

  • Anda dapat dengan leluasa memilih jangka waktu Deposito yang diinginkan, 1, 3, 6, 12 dan 24 bulan.
  • Penempatan Deposito USD dengan setoran banknotes USD 100 (kondisi fisik baik) berlaku 1 :1 (nominal deposito USD yang dibukukan sama dengan nominal banknotes USD yang disetorkan, tanpa dikenakan biaya atau komisi).
  • Bebas komisi untuk penarikan banknotes USD hasil pencairan deposito USD sampai dengan USD 20,000/nasabah per bulan (selama persediaan di cabang masih ada), sedangkan untuk penarikan >USD 20,000 hanya dikenakan komisi 0.5% dari nominal penarikan.
  • Pilihan pencairan dana yang sesuai dengan pilihan anda, dalam bentuk tunai (Banknotes) atau tunai Rupiah.
  • Pada saat jatuh tempo, Anda dapat leluasa memilih untuk menikmati bunga secara tunai atau diinvestasikan kembali ke dalam pokok Deposito atau ditransfer ke rekening yang Anda kehendaki.
  • Bunga Deposito dapat diterima di muka, sehingga Anda tidak perlu membayar penuh sesuai jumlah yang Anda ingin tempatkan pada Mandiri Deposito Valas
  • Dapat dibuka atas nama 2 orang pribadi (joint account).

Fasilitas

Pilihan Mata Uang

  • Tersedia pilihan penempatan dalam mata uang USD, JPY, EUR, CHF, SGD, GBP, AUD, HKD.

Automatic Roll Over

  • Mandiri Deposito dapat diperpanjang secara otomatis (Automatic Roll Over) pada saat jatuh tempo tanpa mengganti bilyet, yaitu menurut nominal (pokok) deposito maupun nominal plus bunga deposito.

Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call

  • Tersedia layanan informasi dan pembatalan perpanjangan deposito otomatis melalui Mandiri SMS, Mandiri Internet atau Mandiri Call (khusus untuk deposito USD yang dibuka melalui Mandiri SMS, Mandiri Internet atau Mandiri Call)

Kredit Agunan Deposito

  • Anda dapat memperoleh fasilitas Kredit Agunan Deposito dengan Deposito Anda sebagai jaminannya. Apapun kebutuhan Anda dapat dipenuhi dengan cepat dan mudah sementara Deposito Anda tetap menghasilkan bunga.

Persyaratan

  • Minimum Deposito

Jenis Valuta

Minimum

United State Dollar

USD 1.000

Singapore Dollar

SGD 1.000

Euro

EUR 1.000

Australian Dollar

AUD 2.000

Pondsterling

GBP 1.000

Japanese Yen

JPY 150.000

Hong Kong Dollar

HKD 10.000

Swiss Franc

CHF 2.000

2.2.4. Mandiri Debet

Mandiri debit adalah fasilitas kartu dari rekening Mandiri Tabungan / Giro Rupiah Perorangan yang memberikan keleluasaan, kenyamanan dan keuntungan bertransaksi.

Mandiri debit digunakan untuk bertransaksi di ATM, di toko / merchant (mesin EDC) dan di seluruh Cabang Bank Mandiri. mandiri debit menemani setiap aktivitas Anda, nikmati kemudahan transaksi kapanpun dan dimanapun

Kemudahan Berbelanja di Seluruh Dunia

Nikmati kenyamanan transaksi pembayaran belanja dengan menggunakan mandiri debit, diterima di lebih dari 110 ribu merchant di Indonesia dan 22 juta merchant di seluruh dunia yang berlogo Visa / Visa Electron melalui fasilitas debit langsung dari rekening.

Nikmati berbagai layanan transaksi melalui mandiri ATM, antara lain:

  • Penarikan tunai
  • Perubahan PIN mandiri debit
  • Cetak mutasi rekening
  • Pembayaran PLN, Telkom, HP pasca bayar (Halo, Matrix, XL/Xplor, Telkom Flexi, Fren & Esia), kartu kredit (Mandiri Visa / Master, CitiBank, Standard Charter, HSBC, RBS, ANZ Panin).
  • Pembelian Isi Ulang pulsa HP (Simpati, Mentari, IM3 Smart, ProXL/bebas, Flexi Trendy, Fren & Esia).
  • Pembelian Tiket Airline
  • Transfer antar rekening Bank Mandiri
  • Transfer ke rekening Bank lain
  • Transfer ke kartu debit / kartu kredit Visa (Visa Money Transfer)
  • mandiri visa.jpgPendaftaran fasilitas e-banking: mandiri Internet, mandiri Call, mandiri SMS

mandiri_card-d.jpg

mandiri debit tersedia dalam 3 pilihan jenis kartu silver, gold dan platinum yang dibedakan berdasarkan limit transaksi harian sebagai berikut :

Jenis Transaksi

Jenis Kartu

Silver

Gold

Platinum

Platinum Plus

ATM

(Dalam Rupiah)

Tarik Tunai

5juta

10juta

10juta

10juta

Transfer antar rekening Mandiri*

25juta

50juta

100juta

sesuai saldo

Transfer ke rekening bank lain **

5juta

10juta

25juta

25juta

Pembayaran tagihan / pembelian

5juta

50juta

100juta

sesuai saldo

EDC/Merchant

(Dalam Rupiah)

Belanja

25juta

50juta

100juta

sesuai saldo

Tarik Tunai ***

500ribu

500ribu

500ribu

500ribu

Isi Ulang mandiri prabayar ****

5juta

50juta

100juta

sesuai saldo

* Maksimum Rp.50 juta / transaksi

** Transfer antar Bank Anggota ATM Bersama, maksimum Rp.10 juta / transaksi

*** Layanan ini tersedia di mandiri EDC tertentu (ect, Indomaret Jabodetabek)

**** Maksimum Rp. 1 juta per kartu mandiri prabayar

Aman dan Nyaman

DSCN6365.JPGmandiri debit mengurangi resiko karena tidak perlu membawa uang tunai berlebihan serta menggunakan PIN untuk setiap transaksi di ATM dan mandiri EDC (jaringan merchant Bank Mandiri).

Masa Berlaku Kartu

Masa berlaku mandiri debit 10 tahun sejak diterbitkan, tertera pada bagian muka kartu (VALID THRU : bulan/tahun). Pastikan penggantian kartu sebelum berakhir masa berlakunya demi kelancaran transaksi Anda. Penggantian kartu karena habis masa berlakunya tidak dikenakan biaya apapun dan dapat dilakukan di semua cabang Bank Mandiri dengan membawa mandiri debit Anda, buku tabungan dan bukti identitas diri.

Biaya Kartu

Biaya

Jenis Kartu

Silver

Gold

Platinum

Platinum Plus

Administrasi kartu / bulan

Rp. 500,-

Rp. 3500,-

Rp. 6000,-

Rp. 6000,-

Penggantian jenis kartu

Gratis

Penggantian kartu karena hilang / rusak

Rp. 15.000,-

2.2.5. Mandiri Pra Bayar

2.2.5.1. Mandiri Gaz

Mandiri Prabayar adalah kartu prabayar contactless/nirsentuh yang di terbitkan oleh Bank Mandiri.

Salah satu jenis kartu prabayar yang diterbitkan oleh Bank Mandiri bekerjasama dengan Pertamina yang digunakan untuk bertransaksi di SPBU dan merchant lainnya.

Apa manfaat GazCard Mandiri bagi pemegang kartu ?

  • Sebagai pengganti uang tunai.
  • Mengurangi kebocoran akibat pembayaran melalui manual process.
  • Transaksi belanja lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan cash atau kartu Debit/Kredit, karena proses transaksi kurang dari 3 detik.

Apa yang dimaksud dengan fitur GazCard Mandiri ?

Fitur GazCard Mandiri antara lain adalah sebagai pengganti uang cash untuk transaksi pembelian BBM, dan transaksi lainnya dengan waktu transaksi kurang dari 3 (tiga) detik waktu transaksi, kartu dapat dipindahtangankan, saldo terdapat di kartu, dapat diisi ulang dan memiliki saldo maksimal Rp. 1 juta dan saldo minimal Rp. 10 ribu, masa berlaku kartu 5 tahun.

Apakah GazCard Mandiri dapat digunakan oleh nasabah perusahaan ?

GazCard Mandiri dapat digunakan oleh nasabah perusahaan (corporate) dan nasabah perorangan.

Apakah manfaat GazCard Mandiri bagi perusahaan sebagai alat transaksi pembelian BBM di SPBU?

  • Meningkatkan efisiensi, karena tidak perlu menyediakan uang cash.
  • Tidak perlu deposit di SPBU.
  • Tidak perlu menerbikan voucher.
  • Tidak perlu bekerjasama dengan SPBU tertentu.
  • Mudah dimonitor pemakaian dan isi ulang kartu.
  • Dan manfaat lainnya.

Apakah manfaat GazCard Mandiri bagi pengusaha SPBU ?

  • Mengurangi penyediaan uang kecil untuk kembalian.
  • Mengurangi penyetoran uang ke bank.
  • Transaksi pembelian lebih cepat.
  • Mengurangi biaya komunikasi karena transaksi pembelian dilakukan secara offline (tidak perlu komunikasi ke bank)
  • Mengurangi uang palsu.
  • Kredit rekening SPBU dapat dilakukan hari yang sama (sesuai ketentuan Bank).
  • Dan manfaat lainnya.

Bagaimana cara isi ulang GazCard –Mandiri ?

Nasabah dapat melakukan transaksi isi ulang melalui mandiri edc di merchant yang ditunjuk, dan melalui layanan electronik seperti Mandiri SMS dan Mandiri Internet.

Apa yang dimaksud dengan layanan Mandiri Prabayar melalui Mandiri Internet?

Nasabah dapat mengetahui mutasi transaksi Mandiri Prabayar atau GazCard Mandiri melalui layanan internet banking milik Bank Mandiri

Kemana saya harus mengakses Mandiri Internet?

Anda dapat mengakses www.bankmandiri.co.id

Bagaimana caranya agar saya dapat melakukan transaksi kartu Mandiri Prabayar – GazCard Mandiri melalui Mandiri Internet?

  • Anda harus memiliki rekening Mandiri Tabungan/Mandiri Giro
  • Anda harus terdaftar sebagai user Mandiri Internet (pendaftaran melalui ATM/Cabang)
  • Setelah Pendaftaran di ATM/Cabang lakukan pembuatan USER ID & Password di website Bank Mandiri (menu aktivasi pengguna baru)

2.2.5.2. Mandiri Indomaret

Kartu Mandiri Prabayar adalah kartu prabayar contactless/nirsentuh yang di terbitkan oleh Bank Mandiri.

Salah satu jenis kartu prabayar yang diterbitkan oleh Bank Mandiri bekerjasama dengan Indomaret yang digunakan untuk melakukan transaksi pembelanjaan maupun transaksi pembayaran di toko-toko Indomaret.

Apa sajakah fitur-fitur Indomaret Card?

Fitur Indomaret Card antara lain adalah sebagai pengganti uang cash untuk transaksi belanja dan pembayaran tagihan bulanan, kartu dapat dipindahtangankan, saldo terdapat di kartu, dapat diisi ulang, memiliki saldo maksimal Rp. 1 juta dan saldo minimal Rp. 10 ribu.

Apa manfaat Indomaret Card bagi Pemegang Kartu?

  • Sebagai pengganti uang tunai.
  • Transaksi belanja lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan cash atau kartu Debit/ Kredit.
  • Dapat digunakan untuk membayar tagihan rutin di toko Indomaret.

Transaksi- transaksi apa sajakah yang dapat dilakukan di toko Indomaret yang telah bekerja sama dengan Bank Mandiri?

Anda dapat melakukan transaksi-transaksi sebagai berikut :

  1. Pembelian Indomaret Card atau kartu Mandiri Prabayar lainnya.
  2. Isi Ulang (top up) Indomaret Card atau kartu Mandiri Prabayar lainnya atau secara tunai.
  3. Pembelanjaan dengan menggunakan Indomaret Card atau kartu Mandiri Prabayar lainnya.
  4. Pembayaran tagihan rutin, pembelian tiket, pembelian pulsa dari Biller dengan menggunakan Mandiri Debit atau Indomaret Card atau kartu Mandiri Prabayar
  5. Up date saldo untuk pemegang kartu prabayar yang sudah melakukan isi ulang melalui Mandiri SMS dan Mandiri Internet, dapat memperbaharui saldo di kartu pada mesin EDC yang tersedia di toko Indomaret.

Bagaimana cara saya mendapatkan Indomaret Card? Dan mulai kapan mulai dipasarkan untuk umum?

Anda bisa mendapatkan melalui toko-toko Indomaret yang telah bekerja sama dengan Bank Mandiri. Untuk tahap awal Indomaret Card dipasarkan di toko Indomaret di wilayah Jabodetabek di minggu ke tiga bulan November 2008

Apakah Indomaret Card mempunyai masa tenggang ?

Apabila pada Indomaret Card Anda tidak ada transaksi belanja atau isi ulang atau pembayaran tagihan selama lebih dari 12 bulan, maka saldo di kartu akan hangus, namun kartu tetap dapat digunakan.

2.2.5.3. Mandiri E Toll

e-Toll Card

Adalah kartu prabayar contactless smartcard yang diterbitkan oleh Bank Mandiri bekerja sama dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk dan PT Marga Mandala Sakti untuk transaksi pembayaran tol. e-Toll Card menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) yang memungkinkan transaksi dapat dilakukan dari jarak jauh (contactless). Saldo tersimpan pada chip kartu sehingga pada saat transaksi e-Toll Card tidak dibutuhkan PIN atau tanda tangan. Maksimal limit kartu adalah Rp. 1.000.000,- (sesuai ketentuan Bank Indonesia).

Manfaat e-Toll Card

Dengan menggunakan e-Toll Card, Anda dapat melakukan pembayaran yang mudah dan cepat untuk keperluan sebagai berikut :

  1. Pembayaran tarif tol di gerbang tol yang bertanda "e-Toll Card" pada ruas tol sebagai berikut :
    • Cawang - Tomang - Cengkareng
    • Cawang - Tanjung Priok - Pluit
    • Cikupa - Merak
  2. Pembelian BBM di SPBU di wilayah Jabodetabek (mulai 15 Maret 2009)
  3. Pembelanjaan di Indomaret (mulai 15 Maret 2009)

Lokasi Penjualan e-Toll Card

Anda dapat membeli kartu perdana e-Toll Card di cabang-cabang utama Bank Mandiri di Jabodetabek dan kantor gerbang operator tol tertentu.

Lokasi Isi Ulang e-Toll Card

E-Toll Card dapat diisi ulang (top up) dengan pilihan nominal Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 200.000, Rp 300.000, Rp 500.000 atau nominal lainnya sesuai keinginan.

No

Sarana Isi Ulang

Lokasi

Pembayaran

Pengisian

1.

EDC

Cabang Bank Mandiri, Operator tol, Indomaret, SPBU

2.

Mandiri Internet

Dimana saja

Cabang Bank Mandiri, operator tol, indomaret, SPBU

3.

Mandiri SMS

Dimana saja

4.

Mandiri Call*)

Dimana saja

5.

Mandiri ATM*)

4.100 ATM

*) Mulai 1 April 2009

Cek Saldo

Cek saldo dapat dilakukan di lokasi isi ulang di atas atau melalui layanan mandiri internet dan mandiri sms

2.2.6. Mandiri Kredit

2.2.6.1. Kredit Bisnis

a) Kredit Agunan Deposito

Adalah fasilitas kredit dalam valuta rupiah atau valuta asing yang diberikan kepada debitur dan calon debitur dengan agunan berupa deposito berjangka yang diterbitkan oleh Bank Mandiri.

Persyaratan:

  • Dokumen legalitas pemohon, seperti KTP, KK, Akte Pendirian Perusahaan
  • Dokumen legalitas usaha, seperti NPWP, SIUP.
  • Mengisi formulir permohonan kredit.

Sasaran pembiayaan Kredit Agunan Deposito (KAD)

Adalah pemilik deposito Bank Mandiri dalam bentuk badan usaha maupun perorangan.

Manfaat :

  • Proses cepat dan mudah
  • Pembiayaan dapat berupa valuta Rupiah maupun valuta asing.

b) Kredit Koperasi Mandiri

Adalah fasilitas kredit untuk tujuan produktif (investasi dan/atau modal kerja) yang diberikan Bank kepada Koperasi dan kredit untuk multiguna yang diberikan kepada anggota koperasi secara kolektif melalui koperasi.

Persyaratan :

  • Dokumen legalitas pemohon
  • Untuk koperasi , telah menjalankan usaha koperasi minimum 2 tahun

Sasaran pembiayaan Kredit Koperasi Mandiri

Adalah Koperasi Karyawan dan Non Koperasi Karyawan baik untuk pembiayaan kepada koperasinya maupun kepada anggota koperasinya.

Fitur Kredit :

  • Kredit Investasi dan Kredit Modal Kerja kepada Koperasi dengan limit sesuai kebutuhan koperasi
  • Kredit kepada anggota koperasi dengan limit sesuai kemampuan membayar
  • Dapat tanpa agunan

c) Kredit Modal Kerja

Adalah fasilitas kredit yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dan atau kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus seperti untuk membiayai inventory/piutang/proyek atau kebutuhan khusus lainnya yang menurut evaluasi Bank layak untuk dibiayai.

Persyaratan :

  • Dokumen legalitas pemohon, misalnya : KTP, KK, Akte Pendirian Perusahaan.
  • Dokumen legalitas usaha, misalnya : NPWP, SIUP, TDP.
  • Mengisi formulir permohonan kredit.

Fitur Kredit :

  • Limit kredit diatas Rp 100 juta s/d Rp 5 Miliar.
  • Kredit dapat diberikan dalam valuta Rupiah atau valuta asing.
  • Jangka waktu sampai dengan maksimal 1 tahun dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan.
  • Sifat kredit revolving atau non revolving

d) Kredit Multi Usaha

Adalah fasilitas kredit yang diberikan kepada pedagang retail atas dasar agunan berupa fixed aset atau kontrak sewa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang sudah berjalan di sektor perdagangan retail, pembelian/pengadaan (sewa) tempat usaha dan refinancing pembelian/pengadaan tempat usaha yang telah dibeli nasabah di lokasi tertentu.

Persyaratan

  • Dokumen legalitas pemohon, seperti KTP, KK, Akte Pendirian Perusahaan
  • Dokumen legalitas usaha, seperti NPWP, SIUP, TDP
  • Mengisi formulir permohonan kredit

Sasaran pembiayaan Kredit Multiguna Usaha

Adalah pedagang retail yang berada di lokasi tertentu di kawasan komersial seperti :

  • Pasar tradisional & modern
  • Pusat Niaga/perdagangan/bisnis (mall/plaza/trade center/pusat grosir)
  • Di komplek pertokoan, perkantoran, perumahan

Fitur Kredit :

  • Limit kredit di atas Rp. 100 juta sampai dengan Rp. 5 milyar
  • Kredit diberikan dalam valuta Rupiah
  • Jangka waktu kredit maksimal 10 tahun

e) Kredit Wirausaha Mandiri

Adalah kredit modal kerja dengan limit di atas Rp. 100 juta sampai dengan Rp. 2 milyar kepada calon pemohon perorangan dan atau badan usaha yang memenuhi persyaratan ditetapkan.

Persyaratan :

  • Dokumen legalitas pemohon
  • Dokumen legalitas usaha seperti SKDU
  • Pengalaman usaha minimal 2 tahun

Fitur Kredit :

  • Jangka waktu 1 tahun dan dapat diperpanjang
  • DSCN6355.JPGSuku bunga lebih ringan apabila seluruh transaksi dilakukan di rekening giro

2.2.6.2. Mandiri Kredit Konsumen

a) KPR

Mandiri KPR Adalah kredit pemilikan rumah dari Bank Mandiri yang diberikan kepada perorangan untuk keperluan pembelian rumah tinggal/apartemen/ruko/rukan yang dijual melalui developer atau non developer

Keunggulan Fitur Mandiri KPR

Mandiri KPR memiliki beragam fitur yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda, yaitu :

  • Mandiri KPR Duo
    adalah fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk pembelian rumah tinggal/apartemen/ruko di proyek developer sekaligus pembelian mobil/motor.
  • Mandiri KPR Take Over
    adalah fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk pengambilalihan fasilitas kredit dari bank lain yang sejenis dengan produk KPR dan sekaligus untuk pemenuhan kebutuhan lainnya.
  • Mandiri KPR Top Up
    adalah penambahan limit atas fasilitas Mandiri KPR yang sudah berjalan (existing).
  • Mandiri KPR Flexible
    adalah fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk keperluan pembelian rumah dengan sistem pembayaran angsuran yang fleksibel yaitu tersedianya rekening flexible selama jangka waktu tertentu atas sebagian tertentu dari limit kredit yang diperoleh.
  • Mandiri KPR Angsuran Berjenjang
    adalah fasilitas Mandiri KPR yang memberikan keringanan pembayaran cicilan s.d tahun ke-3.Graduated Payment Mortgage

Keuntungan Mandiri KPR

  • Suku bunga kompetitif.
  • Proses cepat dan mudah.
  • Limit kredit dari Rp. 25 juta s.d Rp. 5 milyar (kecuali Jabodetabek minimal Rp. 50 juta).
  • Pembiayaan Bank s.d 80% dari nilai agunan sesuai penilaian Bank atau uang muka ringan hanya 20%.
  • Jangka waktu fleksibel s.d 15 tahun.
  • Sertifikat anda aman sampai dengan kredit lunas.
  • Perlindungan asuransi jiwa dan kebakaran.

· Bank Mandiri bekerjasama dengan lebih dari 200 proyek pengembang di seluruh Indonesia.

b) KPR Multiguna

Mandiri KPR Multiguna Adalah fasilitas kredit yang diberikan kepada perorangan untuk keperluan berbagai kebutuhan dengan agunan rumah tinggal/apartemen/ruko/rukan yang dimiliki.

Keunggulan Mandiri KPR Multiguna

Mandiri KPR Multiguna memiliki beragam fitur, yaitu :

  • KPR Multiguna Take Over
    adalah fasilitas Mandiri KPR Multiguna yang dipergunakan untuk pengambilalihan fasilitas kredit dari bank lain yang sejenis dengan produk Multiguna dan sekaligus untuk pemenuhan kebutuhan lainnya.
  • KPR Multiguna Top Up
    adalah fasilitas kredit tambahan atas fasilitas Mandiri KPR Multiguna yang telah berjalan (existing)

Keuntungan Mandiri KPR Multiguna

  • Suku bunga kompetitif
  • Proses cepat dan mudah
  • Limit kredit mulai Rp 50 Juta s.d Rp 1 Milyar
  • Pembiayaan Bank s.d 70% dari nilai agunan sesuai penilaian Bank
  • Jangka waktu s.d 10 tahun
  • Perlindungan asuransi jiwa dan kebakaran

· Kredit Mandiri Mitrakarya adalah fasilitas kredit yang diberikan kepada karyawan perusahaan tertentu yang sudah menyalurkan gajinya melalui Bank Mandiri

c) Mitra Karya

Fasilitas kredit ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti :

  • Kredit Tanpa Agunan
  • Pembelian Rumah ( House Ownership Program)
  • Kredit Multifungsi dengan agunan rumah ( Mitraguna)
  • Kredit Pemilikan Mobil ( Car Ownership Program)
  • Kredit Pemilikan Motor ( Motorcycle Ownership Program )

Benefit :


  • Suku bunga kompetitif.
  • Cicilan ringan.
  • Biaya kredit yang ringan
  • Jangka waktu fleksibel
  • Persyaratan dokumen muda

Persyaratan :

  • Minimal usia 21 tahun maksimum sebelum usia pensiun pada saat kredit lunas
  • Masa kerja pegawai tetap min. 2 tahun
  • Gaji disalurkan melalui Bank Mandiri
  • Gaji Minimum Rp 2 juta

d) Tunas KPM

Mandiri Tunas KPM adalah pembiayaan bersama antara Bank Mandiri dan Tunas Finance kepada perorangan untuk keperluan pembelian mobil baru atau bekas.

Mandiri Tunas KPM Fleet adalah pembiayaan bersama antara Bank Mandiri dan Tunas Finance kepada perorangan atau perusahaan untuk pembelian kendaraan bermotor dengan sumber pelunasan dari cash flow usaha.

Keuntungan Mandiri Tunas KPM

  • Proses Cepat dan Mudah
  • Limit Kredit sampai dengan Rp 3 Milyar (aksesori standar)
  • Jangka Waktu s.d. 5 tahun
  • DP mulai 10%, tergantung tipe kendaraan

Keuntungan Mandiri Tunas KPM Fleet

  • Proses Cepat dan Mudah
  • DP 0% untuk tujuan Car Ownership Program (COP)/ Motorcycle Ownership Program (MOP)
  • Jangka Waktu COP s.d. 5 tahun, untuk MOP s.d. 4 tahun
  • Status kepemilikan dapat atas nama individu atau perusahaan

Persyaratan Umum Mandiri Tunas KPM

  • Umur min 21 tahun saat pengajuan, maksimal 55 tahun (pegawai) atau 60 tahun (professional/wiraswasta) pada saat pelunasan kredit
  • Pegawai Tetap/Professional/Wiraswasta

2.2.7. Mandiri Prioritas

2.2.7.1. Mandiri Prioritas

Merupakan layanan perbankan dengan beragam kemudahan dan fasilitas dari Bank Mandiri yang ditujukan untuk nasabah utama/primanya

Adapun layanan yang diberikan adalah :

  • Wealth Management
    Wealth Management yaitu layanan eksklusif kepada nasabah Prioritas dalam memberikan solusi terpadu pengelolaan dana Nasabah secara optimal untuk rencana keuangan jangka pendek, menengah maupun panjang.
  • Pelayanan khusus
    Pelayanan khusus berupa weekend banking, program apresiasi serta edukasi, bebas Safe Deposit Box (SDB), majalah bisnis dan lifestyle, dan lain-lain.

Fasilitas fisik :

Fasilitas non fisik :

  • Program Retensi
    • Event, seperti : hobi, market outlook, gaya, kesehatan, golf turnamen, golf klinik, dan lain-lain.
    • Member benefit, seperti : Airport handling, souvenir, Majalah Prioritas, diskon di merchant-merchant terpilih, majalah bisnis dan lifestyle, dan bingkisan ulang tahun.
    • Fasilitas lain, seperti : Safe Deposit Box (SDB), Mandiri Visa Gold/Platinum, layanan antar, ruang rapat, pemesanan tiket perjalanan.
  • Program untuk Nasabah Potensial (Akuisisi)
    • Member Get Member (MGM)
    • Pemberian layanan khusus bagi Nasabah Cabang Regular yang memenuhi persyaratan menjadi Nasabah Prioritas.

Produk

  • Produk Perbankan, yaitu : Tabungan, Deposito Berjangka, Giro (Rupiah & Valas)
  • Produk Investasi, yaitu : Reksa Dana, Saham, Valuta Asing, Obligasi, SUN.
  • Consumer Banking Treasury, yaitu : Foreign Exchange, Dual Currency Deposito, Deposito Dana Dinamis, Special Rate
  • Bancassurance, yaitu : Mandiri Investasi Sejahtera dan Mandiri Rencana Sejahtera

2.2.7.2.



Merchant Relations Program

Merchant Relation

Merchant Relations Program adalah salah satu persembahan Bank Mandiri bagi Nasabah Prioritas dengan pemberian diskon pada merchant-merchant terpilih.

Bottom of Form

2.2.8. Mandiri Investasi, Retail, Brokerage

2.2.8.1. Reksadana

Bank Mandiri telah terdaftar sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana di Badan Pengawas Pasar Modal & Lembaga Keuangan (BAPEPAM-LK), dengan Surat Tanda Terdaftar No. 07/BL/STTD/APERD/2007 tanggal 21 Februari 2007.

Istilah Reksa Dana

1. Reksa Dana (Mutual Fund)

Wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Berikut ini adalah jenis reksa dana dan penjelasannya:

2. Reksa Dana Konvensional (Biasa)

Reksa Dana Konvensional (Biasa) adalah reksa dana yang dapat dibeli atau dijual kembali oleh investor setiap saat tergantung tujuan investasi, jangka waktu dan profil risiko investor.

Jenis-jenis Reksa Dana Konvensional (Biasa) adalah sebagai berikut:

§ Reksa Dana Pasar Uang

Reksa Dana yang hanya melakukan investasi pada Efek bersifat utang dengan jatuh tempo kurang dari 1 (satu) tahun.

§ Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa Dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% (delapan puluh perseratus) dari aktivanya dalam bentuk Efek bersifat utang.

§ Reksa Dana Saham

Reksa Dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% (delapan puluh perseratus) dari aktivanya dalam Efek bersifat Ekuitas.

§ Reksa Dana Campuran

Reksa Dana yang melakukan investasi dalam Efek bersifat Ekuitas dan Efek bersifat utang yang perbandingannya tidak termasuk dalam Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Reksa Dana Saham.

3. Reksa Dana Terstruktur

Reksa Dana Terstruktur adalah reksa dana yang hanya dapat dibeli atau dijual kembali oleh investor pada saat tertentu saja yang ditentukan oleh Manajer Investasi.

Jenis-jenis Reksa Dana Terstruktur adalah sebagai berikut:

§ Reksa Dana Terproteksi

Reksa Dana yang memberikan proteksi atas investasi awal investor melalui mekanisme pengelolaan portofolionya. Dalam rangka pemberian proteksi atas investasi awal tersebut, Manajer Investasi Reksa Dana Terproteksi akan menginvestasikan sebagian dana yang dikelolanya pada Efek bersifat utang yang masuk dalam kategori layak investasi (investment grade), sehingga nilai Efek bersifat utang pada saat jatuh tempo sekurang-kurangnya dapat menutupi jumlah nilai yang diproteksi.

§ Reksa Dana dengan Penjaminan

Reksa Dana yang memberikan jaminan bahwa investor sekurang-kurangnya akan menerima sebesar nilai investasi awal pada saat jatuh tempo sepanjang persyaratannya terpenuhi. Reksa Dana Indeks

Berikut ini merupakan pihak pihak yang berhubungan dengan reksadana:

1. Manajer Investasi

Pihak yang kegiatan usahanya mengelola portfolio efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan perundang-undangan yang berlaku.

Bank Mandiri bekerjasama dengan 7 (tujuh) Manajer Investasi, yaitu:

1. PT. Bahana TCW Investment Management

2. PT. Batavia Prosperindo Aset Manajemen

3. PT. Danareksa Investment Management

4. PT. Fortis Investments

5. PT. Mandiri Manajemen Investasi

6. PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia

7. PT. Schroder Investment Management Indonesia

Bank Kustodian

Pihak yang memberikan jasa penitipan efek dan harta lain berkaitan dengan efek serta jasa lain, termasuk menerima deviden, bunga, dan hak lain, menyelesaikan transaksi efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

Agen Efek Penjual Reksa Dana

Pihak yang melakukan penjualan efek reksa dana berdasarkan kontrak kerja sama dengan Manajer Investasi pengelola reksa dana.

Wakil Agen Efek Penjual Reksa Dana

Orang perseorangan yang mendapat izin dari BAPEPAM untuk bertindak sebagai Penjual Efek Reksa Dana.

Dana Abadi (Endowment Fund)

Dana Abadi (Endowment Fund) merupakan suatu sarana investasi berkesinambungan yang hasilnya digunakan untuk tujuan-tuuan nirlaba seperti: bantuan korban bencana alam, pelestarian lingkungan, keagamaan, budaya, pendidikan serta tujuan nirlaba lainnya.

o Jenis Dana Abadi (Endowment Fund) adalah sebagai berikut:

§ True Endowment Fund

§ Dibentuk oleh donor/donatur;

§ Pokok investasi tidak dapat dicairkan;

§ Organisasi nirlaba hanya dapat menggunakan hasil/keuntungan investasi tersebut;

§ Contoh: Dana Abadi Umat yang dibentuk oleh Pemerintah Indonesia.

§ Term Endowment Fund

§ Dibentuk oleh donatur;

§ Pokok investasi dan hasil/keuntungan investasi dapat dicairkan berdasarkan batasan-batasan yang ditentukan oleh donatur;

§ Contoh: Dana yang diberikan oleh USAID sebagai donatur kepada Yayasan KEHATI.

§ Quasi Endowment Fund

§ Dibentuk oleh organisasi nirlaba;

§ Pokok investasi dan hasil/keuntungan investasi dapat dicairkan berdasarkan batasan-batasan yang ditentukan oleh dewan pengurus organisasi;

§ Contoh: Reksa Dana Ganesha Abadi yang dibentuk oleh Ikatan Alumni ITB

o Jenis Investasi Endowment Fund yang dipasarkan melalui Bank Mandiri:

§ Platinum – mendonasikan semua pokok investasi dan keuntungan ke dalam Endowment Fund;

§ Gold (MI lain menyebutnya Diamond) – Seluruh hasil investasi disalurkan ke dalam Endowment Fund sementara pokok investasi tetap menjadi milik investor;

§ Silver (MI lain menyebutnya Emerald) – 50% hasil investasi disalurkan ke dalam Endowment Fund sementara pokok investasi dan 50% hasil investasi tetap menjadi milik investor;

§ Regular (MI lain menyebutnya Ruby) – Baik pokok investasi maupun hasil investasi sepenuhnya menjadi milik investor, namun investor tetap berkontribusi melalui sharing management fee yang disalurkan oleh Manajer Investasi kepada pihak yang memprakarsai yang dihitung dari Nilai Aktiva Bersih (NAB).

o Endowment Fund yang dipasarkan melalui Bank Mandiri:

No

Nama Reksa Dana

Manajer Investasi

Jenis Investasi

Asset Class

1

Ganesha Abadi

PT. Bahana TCW Invesment Management

Regular, Silver, Gold, Platinum

Pendapatan Tetap

2

Kehati Lestari

PT. Bahana TCW Invesment Management

Regular, Silver, Gold

Pendapatan Tetap

3

Makara Abadi

PT. Bahana TCW Invesment Management

Regular, Silver, Gold, Platinum

Pendapatan Tetap

4

Makara Prima

PT. Bahana TCW Invesment Management

Regular, Silver, Gold, Platinum

Campuran

5

Mandiri Investa UGM

PT. Mandiri Manajemen Investasi

Regular, Silver, Gold, Platinum

Saham

6

Mandiri Investa Keluarga

PT. Mandiri Manajemen Investasi

Ruby, Emerald, Diamond

Pendapatan Tetap

Produk & Prospektus Reksa Dana

Terdapat 5 (lima. Untuk kemudahan bertransaksi, nasabah dapat men-download prospektus reksa dana dengan meng-klik pada nama reksa dana yang diinginkan.

· Reksa Dana Pasar Uang

No

Nama Reksa Dana

Bank Kustodian

Manajer Investasi

1

Si Danakas Maxima

Standard Chartered Bank

PT.Batavia Prosperindo Aset Manajemen

2

Seruni Pasar Uang II

Citibank, NA

PT. Danareksa Investment Management

3

Mandiri Investa Pasar Uang

Deutsche Bank AG

PT. Mandiri Manajemen Investasi

4

Manulife Dana Kas

Deutsche Bank AG

PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia

· Reksa Dana Pendapatan Tetap

No

Nama Reksa Dana

Bank Kustodian

Manajer Investasi

1

Ganesha Abadi

Standard Chartered Bank

PT. Bahana TCW Invesment Management

2

Kehati Lestari

Standard Chartered Bank

PT. Bahana TCW Invesment Management

3

Makara Abadi

Standard Chartered Bank

PT. Bahana TCW Invesment Management

4

Danareksa Melati Premium Dollar

Citibank, NA

PT. Danareksa Investment Management

5

Mandiri Investa Dana Utama

Deutsche Bank AG

PT. Mandiri Manajemen Investasi

6

Mandiri Investa Dana Obligasi

Deutsche Bank AG

PT. Mandiri Manajemen Investasi

7

Mandiri Investa Dana Obligasi Seri II

Deutsche Bank AG

PT. Mandiri Manajemen Investasi

8

Investa Dana Dollar Mandiri

Standard Chartered Bank

PT. Mandiri Manajemen Investasi

9

Mandiri Investa Keluarga

Deutsche Bank AG

PT. Mandiri Manajemen Investasi

10

Manulife Obligasi Negara Indonesia II

Deutsche Bank AG

PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia

11

Manulife Pendapatan Bulanan II

Deutsche Bank AG

PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia

12

Schroder Dana Andalan II

Deutsche Bank AG

PT. Schroder Investment Management Indonesia

13

Schroder Dana Mantap Plus II

Deutsche Bank AG

PT. Schroder Investment Management Indonesia

· Reksa Dana Saham

No

Nama Reksa Dana

Bank Kustodian

Manajer Investasi

1

SI Dana Saham

Deutsche Bank AG

PT. Batavia Prosperindo Aset Manajemen

2

Danareksa Mawar

Citibank, NA

PT. Danareksa Investment Management

3

Fortis Ekuitas

Deutsche Bank AG

PT. Fortis Investments

4

Fortis Infrastruktur Plus

Citibank, NA

PT. Fortis Investments

5

Mandiri Investa Atraktif

HSBC

PT. Mandiri Manajemen Investasi

6

Mandiri Investa Atraktif Syariah

Deutsche Bank AG

PT. Mandiri Manajemen Investasi

7

Mandiri Investa UGM

Deutsche Bank AG

PT. Mandiri Manajemen Investasi

8

Manulife Dana Saham

Deutsche Bank AG

PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia

9

Schroder Dana Prestasi Plus

Deutsche Bank AG

PT. Schroder Investment Management Indonesia

· Reksa Dana Campuran

No

Nama Reksa Dana

Bank Kustodian

Manajer Investasi

1

Makara Prima

BII

PT. Bahana TCW Invesment Management

2

Bahana Dana Infrastruktur

Deutsche Bank AG

PT. Bahana TCW Invesment Management

3

Si Dana Dinamis

Deutsche Bank AG

PT. Batavia Prosperindo Aset Manajemen

4

Danareksa Anggrek

Citibank, NA

PT. Danareksa Investment Management

5

Danareksa Syariah Berimbang

Citibank, NA

PT. Danareksa Investment Management

6

Fortis Equitra

Standard Chartered Bank

PT. Fortis Investments

7

Mandiri Investa Syariah Berimbang

Deutsche Bank AG

PT. Mandiri Manajemen Investasi

8

Mandiri Investa Aktif

Deutsche Bank AG

PT. Mandiri Manajemen Investasi

9

Manulife Dana Campuran

Deutsche Bank AG

PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia

10

Schroder Dana Prestasi

Deutsche Bank AG

PT. Schroder Investment Management Indonesia

11

Schroder Dana Terpadu II

Deutsche Bank AG

PT. Schroder Investment Management Indonesia

· Reksa Dana Indeks

No

Nama Reksadana

Bank Kustodian

Manajer Investasi

1

Danareksa Index Syariah

Standard Chartered Bank

PT. Danareksa Invesment Management

Fasilitas Transaksi Reksa Dana

Dalam rangka meningkatkan layanan kepada para pemodal atau investor, Bank Mandiri memberikan fasilitas tambahan didalam bertransaksi reksa dana, diantaranya adalah:

· Fasilitas Monthly Dividen

Bank Mandiri telah meningkatkan pelayanan dengan cara memberikan kemudahan kepada pemodal yang telah dan akan memiliki reksa dana pasar uang untuk dapat melakukan penjualan kembali secara otomatis (automatically redemption) atas unit penyertaannya setiap bulannya. Penjualan kembali (redemption) dilakukan atas selisih positif antara unit penyertaan pada akhir bulan dengan unit penyertaan pada awal bulan. Dengan demikian seandainya selisih unit penyertaan nasabah adalah negatif, maka tidak ada penjual kembali (redemption) secara otomatis tersebut.

Reksa Dana Pasar Uang yang dipasarkan melalui Bank Mandiri dan dapat menggunakan fasilitas penjualan kembali secara otomatis (automatically redemption) adalah:

1. Mandiri Investa Pasar Uang – dikelola PT. Mandiri Manajemen Investasi;

2. Seruni Pasar Uang II – dikelola PT. Danareksa Investment Management;

3. Si Dana Kas Maxima – dikelola PT. Batavia Prosperindo Aset Manajemen.

· Installment Plan

Fasilitas yang dapat dilakukan nasabah dengan menempatkan dananya pada reksa dana secara rutin melalui Fasilitas Installment. Fasilitas Installment ini memberikan kemudahan kepada nasabah, karena nasabah dapat membeli reksa dana (top up) secara berkala tanpa perlu melakukan transaksi pembelian (subscription) di Cabang. Rekening tabungan nasabah akan didebet (pada Hari Bursa) sesuai dengan jumlah dan tanggal yang telah ditentukan.

Fasilitas ini sangat bermanfaat dalam kerangka perencanaan keuangan nasabah dimana nasabah telah memperhitungkan kebutuhan keuangan di masa yang akan datang dan akan dipenuhi dengan cara investasi secara berkala.

Tips Berinvestasi

Bank Mandiri selalu mengingatkan mengenai 5 (lima) Tips Berinvestasi, yaitu:

· Investment Objectives (Tujuan Investasi)

Pahami tujuan berinvestasi. Pilih pendapatan atau pertumbuhan dana yang akan diinvestasikan.

· Time Horizon (Jangka Waktu)

Pastikan jangka waktu yang akan dibutuhkan untuk mencapai tujuan berinvestasi.

· Risk Profile (Profil Risiko) Kenali potensi hasil dan risiko dalam berinvestasi.

Catatan:

o High Risk – High return

o Low Risk – Low Return

· Asset Allocation (Alokasi Aset)

Diversifikasi dalam berinvestasi untuk mendapatkan portofolio yang optimal. Ingat: ”Never put your eggs in one basket” (”Jangan pernah Anda menempatkan semua telur pada satu keranjang”).

· Periodic Review

Monitor portofolio investasi Anda secara berkala, agar dapat menetapkan strategi investasi untuk menjaga tingkat pengembalian yang diharapkan.

Keuntungan Berinvestasi di Reksa Dana

· Diversifikasi

Reksa Dana mengalokasikan investasinya pada berbagai macam instrumen investasi, seperti pasar uang, obligasi pemerintah maupun obligasi korporasi, serta saham. Dengan adanya diversifikasi pada alokasi aset maka investasi dapat dikelola dengan baik dan meminimalkan risiko investasi.

· Manajer Investasi yang Professional

Setiap Reksa Dana yang dipasarkan di Bank Mandiri, dikelola oleh Manajer Investasi yang secara profesi telah mendapatkan izin Wakil Manajer Investasi (WMI) dari BAPEPAM-LK. Manajer Investasi yang Professional akan menjalankan tugasnya dengan baik guna mengalokasikan investasi sesuai dengan prospektus serta tujuan investasi sehingga mencapai return (hasil investasi) sesuai yang ditargetkan.

· Likuiditas yang Tinggi

Salah satu keunggulan berinvestasi di reksa dana adalah likuiditas, dimana setiap saat nasabah/investor dapat melakukan penjualan kembali (redemption) unit penyertaannya dan Manajer Investasi wajib membelinya kembali dan membayarkannya maksimal T+7 hari bursa.

· Banyak Pilihan dan Fleksibilitas

Investasi di reksa dana memberikan banyak pilihan jenis reksa dana, baik itu reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, saham atau campuran yang sesuai dengan kebutuhan nasabah/investor. Investor juga dapat dengan mudah melakukan switching (pengalihan) dari satu reksa dana ke reksa dana lainnya.

· Kenyamanan dan Kemudahan Berinvestasi

Pelayanan transaksi reksa dana dapat dilakukan dengan mudah dan baik yaitu melalui Bank Mandiri sebagai Agen Penjual. Hanya dengan membuka rekening tabungan di Bank Mandiri, selanjutnya nasabah dapat melakukan transaksi reksa dana.

· Transparansi

Keterbukaan laporan keuangan serta laporan portofolio melalui Fund Fact Sheet secara berkala merupakan bukti keterbukaan investasi di reksa dana. Dengan keterbukaan ini maka para nasabah/investor dapat dengan mudah mengetahui komposisi investasi dan kinerja reksa dana yang dimilikinya.

· Biaya Rendah

Karena reksa dana merupakan kumpulan dana dari banyak pemodal, akan menghasilkan efisiensi biaya transaksi.

Profil Risiko

Kenali profil risiko Anda sebagai langkah awal yang penting untuk menentukan target investasi yang ingin dicapai. Setiap orang memiliki profil risiko yang berbeda-beda. Adapun profil risiko dan tujuan investasinya adalah sebagai berikut:

· Konservatif (Risk Averse)

o Berkeinginan untuk mempertahankan modal dan penghasilan saat ini;

o Pertumbuhan investasi bukan merupakan tujuan;

o Cenderung untuk menghindari risiko investasi;

o Memilih instrumen investasi jangka pendek

· Moderate

o Berkeinginan untuk mendapatkan penghasilan saat ini;

o Bertujuan pada pertumbuhan investasi;

o Cukup toleransi terhadap risiko investasi;

o Memilih instrumen investasi jangka menengah.

· Agresif (Risk Lover)

o Tidak berkeinginan untuk mendapatkan penghasilan saat ini;

o Bertujuan pada pertumbuhan investasi yang pesat;

o Toleransi yang tinggi terhadap risiko investasi;

o Memilih instrumen investasi jangka panjang.

Disclaimer: Reksa dana bukan merupakan produk yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri. Reksa Dana merupakan produk investasi yang dikelola oleh Manajer Investasi. Reksa Dana memiliki risiko investasi. Kinerja masa lalu bukan merupakan kinerja di masa yang akan datang.

2.2.8.2. Obligasi

Obligasi Negara Ritel & Sukuk Ritel

Agen Penjual Obligasi Negara yang bersifat Ritel

Obligasi Negara Ritel (ORI)

“Bersama ORI, Membangun Negeri Melalui Bank Mandiri”

ORI

Sukuk Ritel

“bersama sukuk ritel mari membangun ekonomi negeri”

sukuk

  1. Obligasi Negara Ritel (ORI)

“Bersama ORI, Membangun Negeri Melalui Bank Mandiri”

  1. Sukuk Ritel

“bersama sukuk ritel mari membangun ekonomi negeri”

Bank Mandiri selaku Agen Penjual di Pasar Perdana, menyediakan produk Obligasi Negara yang bersifat ritel, antara lain : Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Surat Berharga Syariah Negara Ritel (Sukuk Ritel). Penunjukan Bank Mandiri selaku Agen Penjual ditetapkan oleh Pemerintah.

Pembelian pemesanan ORI dan Sukuk Ritel di Pasar Perdana hanya dapat dilakukan oleh perorangan Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku, dengan ketentuan pembelian minimum, kelipatan dan maksimum ditetapkan oleh Pemerintah berdasarkan Memorandum Informasi setiap penerbitan ORI dan Sukuk Ritel.

Perdagangan ORI dan Sukuk Ritel dengan mekanisme bursa dilakukan investor dengan menyampaikan minat beli/jual ke Bursa Efek Indonesia. Dalam hal terjadi kesesuaian harga antara investor penjual dan investor pembeli, transaksi penjualan diselesaikan melalui mekanisme bursa.

Transaksi di luar bursa (OTC) dilakukan investor dengan cara melakukan negosiasi harga bersama dengan calon penjual atau pembeli ORI dan Sukuk Ritel. Selanjutnya Bank Mandiri (melalui Consumer Banking Treasury Department - Wealth Management Group) atau perusahaan efek yang ditunjuk akan menyelesaikan transaksi jual beli ORI dan Sukuk Ritel tersebut.

2.2.8.3. Bancassurance/Asuransi

a) AXA

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) adalah perusahaan patungan baru ( joint venture) antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (49% saham) dan AXA (51% saham) yang bergerak di bisnis Bancassurance. Bancassurance adalah sebuah istilah yang berarti pemasaran produk-produk asuransi melalui jaringan cabang suatu bank. AXA Mandiri telah memulai operasinya sejak Desember 2003.

Dibangun dari sinergi dua kekuatan besar, AXA Mandiri dengan mantap menjalankan bisnisnya di Indonesia. Sebagai bank terbesar di Indonesia, Bank Mandiri telah mengelola aset lebih dari Rp 300 triliun dan memperoleh laba lebih dari Rp 3,5 triliun. Dengan jaringan lebih dari 1000 cabang di seluruh Indonesia dan 6 cabang luar negeri, Bank Mandiri kini melayani lebih dari 7 juta nasabah. Sementara itu, sebagai salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di dunia (Fortune Global 500, Juli 2008 ) yang didirikan tahun 1816 di Perancis, AXA telah mengelola assets under management lebih dari 1,3 triliun Euro dengan pendapatan lebih dari Rp 90 Miliar Euro hingga akhir 2007. Saat ini AXA melayani lebih dari 65 juta nasabah di seluruh dunia. Sinergi dari perusahaan asuransi jiwa terbesar di dunia dan bank terbesar di Indonesia telah menghasilkan sebuah kekuatan yang kokoh, komitmen manajemen, dan modal yang kuat bagi AXA Mandiri.

AXA Mandiri telah berhasil mengukuhkan posisinya dengan meraih penghargaan sebagai Asuransi Jiwa terbaik versi Majalah Investor tahun 2007 dengan kategori aset diatas 1 sampai dengan 5 triliun rupiah, serta predikat SANGAT BAGUS dari Majalah InfoBank di tahun 2008 dengan kategori aset di atas Rp 1 triliun. Hingga Desember 2007, total pendapatan premi baru AXA Mandiri baik dari bisnis individu dan bisnis grup telah mencapai Rp 2,2 triliun dan RBC AXA Mandiri mencapai 882%.

b) Mandiri Jiwa Sejahtera

Mandiri Jiwa Sejahtera dari AXA Mandiri Financial Services memberikan proteksi tinggi dengan premi yang ringan dan terjangkau yang memberikan kepastian masa depan bagi orang-orang yang Anda cintai.

Jaminan Proteksi Tinggi

Mandiri Jiwa Sejahtera memberikan jaminan proteksi asuransi jiwa dengan manfaat sebesar 100% Uang Pertanggungan (UP) dengan biaya yang ringan dan terjangkau. Dengan premi minimum sebesar Rp 1.500.000 tiap tahun, Anda memperoleh perlindungan asuransi hingga Rp 405.693.950, dijamin selama 10 tahun!*

Pilihan Periode Asuransi

Mandiri Jiwa Sejahtera tidak hanya ekonomis, namun juga sangat fleksibel, dengan menawarkan beberapa pilihan periode asuransi, yaitu 1, 5 dan 10 tahun, sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda. Semua periode asuransi ini dapat diperpanjang (tergantung permintaan Anda) hingga Anda berusia 70 tahun – tanpa harus melalui pemeriksaan medis ulang.

Free Look Period

Mungkin Anda akan merasakan hal yang baru pada saat pertama kali membeli sebuah polis asuransi. Agar Anda mengerti isi kontrak polis yang Anda beli, kami menyarankan Anda untuk membaca dan memahami polis asuransi Anda.

Cara Pembayaran yang Mudah

Anda dapat memilih untuk melakukan pembayaran premi secara bulanan, triwulanan, semesteran atau tahunan sesuai dengan keinginan Anda. Pembayaran premi pertama dapat dilakukan melalui setoran tunai, transfer atau ATM Bank Mandiri. Demi kemudahan Anda, premi selanjutnya akan didebit secara otomatis dari rekening Bank Mandiri Anda.

Pilihan Mata Uang

Mandiri Dana Sejahtera tersedia dalam Rupiah maupun US Dollar - pilihan ada di tangan Anda.

Pilihan Perlindungan Tambahan

· Perlindungan Kecelakaan

· Perlindungan Pembayaran Premi - Perlindungan Pembayaran Premi hanya tersedia bagi periode asuransi 5 dan 10 tahun

· Perlindungan Kesehatan

Informasi selengkapnya dapat Anda lihat di bagian Perlindungan Tambahan

Tabel Ilustrasi Manfaat (Rupiah 000)

Periode 10 Tahun

Premi per Tahun Berdasarkan Usai dan Jenis Kelamin

30

40

50

UP

Pria

Wanita

Pria

Wanita

Pria

Wanita

600.000

1.866

1.770

3.876

3.024

10.152

7.548

750.000

2.287,5

2.167,5

4.800

3.735

12.645

9.390

1.000.000

2.990

2.830

6.340

4.920

16.800

12.460

Periode 5 Tahun

Premi per Tahun Berdasarkan Usai dan Jenis Kelamin

30

40

50

UP

Pria

Wanita

Pria

Wanita

Pria

Wanita

600.000

1.698

1.698

3.156

2.424

7.854

5.682

750.000

2.077,5

2.077,5

3.900

2.985

9.772,5

7.057,5

1.000.000

2.710

2.710

5.140

3.920

12.970

9.350

Usia masuk : 18 – 60 tahun

c) Mandiri Rencana Sejahtera

1. Mandiri Rencana Keluarga

Dirancang bagi keluarga atau pasangan muda yang baru menikah (usia 30-35) dan menginginkan perawatan terbaik rumah sakit dan perlindungan terhadap penyakit kritis.

Tujuan/kebutuhan:

  • Membeli rumah
  • Memastikan pasangan tetap sejahtera dalam kondisi apapun
  • Kebutuhan lain dalam jangka panjang
  • Biaya pemakaman

Manfaat:

  • Santunan harian rawat inap rumah sakit akibat saktu maupun kecelakaan termasuk ICU
  • Santunan apabila terdiagnosa sala satu dari 34 penyakit kritis
  • Santunan menginggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan
  • Hasil investasi yang optimal sesuai dengan jenis dana investasi pilihan anda

2. Mandiri Rencana Pendidikan

Dirancang bagi orang tua yang menginginkan pendidikan terbaik bagi putra-putrinya.

Tujuan/kebutuhan:

  • Pendidikan masa depan putra-putri

Manfaat:

  • Dana pendidikan bagi anak tersedia pada saat dibutuhkan
  • Jaminan ketersediaan dan pendidikan walaupun orang tua menderita cacat total tetap atau meninggal dunia akibat sakit atau kecelakaan
  • Santunan meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan

3. Mandiri Rencana Profesional

Dirancang bagi profesional dalam mempersiapkan investasi masa depan.

Tujuan/kebutuhan:

  • Mulai menabung
  • Mempersiapkan pernikahan
  • Merencanakan membeli rumah pertama
  • Kebutuhan lain dalam jangka panjang

Manfaat:

  • Hasil investasi optimal sesuai dengan jenis dana investasi pilihan
  • Santunan meninggal dunia dan cacat tetap total akibat kecelakaan
  • Santunan meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan
  • Pembebasa pembayaran premi sampai dengan usia 60 tahun apabila menderita cacat tetap total akibat sakit maupun kecelakaan

4. Mandiri Rencana Emas

Dirancang bagi orang yang ingin mempersiapkan pensiun yang sejahtera (usia 40-50 tahun)

Tujuan/kebutuhan:

  • Persiapan pensiun mandiri: tetap punya penghasilan setelah pensiun, perjalanan wisata, ibadah, dll.
  • Memastikan keluarga tetap sejahtera dalam kondisi apapun
  • Kebutuhan lain dalam jangka panjang

Manfaat:

  • Dana pension yang tersedia saat memasuki usia pension
  • Santunan harian rawat inap rumah sakit akibat sakit maupun kecelakan termasuk ICU
  • Santunan meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan
  • Pembebasa pembayaran premi sampai dengan usia 60 tahun apabila menderita cacat tetap total akibat sakit maupun kecelakaan

Fitur

  • Usia masuk tertanggung : 0 - 60 tahun
  • Mata Uang : Rupiah dan US Dollar
  • Premi
    • Premi Dasar : Min. Rp. 2.500.000 / USD 300 per tahun
    • Premi Top Up Berkala : Min. Rp. 1.000.000 / USD 200 per tahun
    • Premi Top Up Tunggal : Min. Rp. 1.000.000 / USD 200 per tahun
  • Penarikan Dana Investasi
    • Min. penarikan : 10.000 unit (Rupiah) / 20 unit (USD)
    • Min. saldo : 20.000 unit (Rupiah) / 40 unit (USD)
  • Pilihan Metode Pembayaran Premi: Tahunan, Semesteran, Triwulanan, dan Bulanan
  • Masa pertanggungan 100 tahun
  • Pembayaran premi dapat dilakukan melalui setoran tunai, transfer, atau ATM. Demi kemudahan anda, premi selanjutnya akan didebit secara otomatis dari rekening Bank Mandiri anda
  • Fasilitas Cuti Premi
  • Loyalty Bonus, diberikan mulai tahun ke-10 dan setiap kelipatan 5 tahun berikutnya
  • Pilihan Jenis Investasi

    • Secure Money Rupiah
    • Progressive Money Rupiah
    • Dynamic Money Rupiah
    • Fixed Money Rupiah
    • Stable Money Rupiah
    • Secure Money US Dollar
    • Attractive Money
    • Active Money

  • Perlindungan Tambahan
    • Perlindungan Kecelakaan
    • Perlindungan Terhadap Penyakit Kritis
    • Perlindungan Kesehatan
    • Perlindungan Pembayaran Premi bagi Pemegang Polis

2.2.8.4. Retail Brokerage

Suatu bentuk Layanan untuk Nasabah di Cabang Bank Mandiri terpilih dalam melakukan transaksi Saham dan Obligasi di Pasar Perdana (Initial Public Offering) maupun Pasar Sekunder bekerjasama dengan Perusahaan Sekuritas.

Fitur :

  • Produk-produk yang terdapat dalam layanan merupakan produk Pasar Modal yaitu Saham dan Obligasi.
  • Layanan hanya terdapat di beberapa Cabang Bank Mandiri terpilih.
  • Layanan bekerjasama dengan Perusahaan Sekuritas sebagai anggota bursa.

Manfaat :

  • Nasabah dapat memilih produk Pasar Modal yang sesuai dengan profil risiko dan kebutuhan investasi.
  • Dengan adanya Layanan Retail Brokerage maka kebutuhan investasi Nasabah dilayani secara ‘One Stop Financial Services’.

Persyaratan :

  • Mengisi kuesioner Profil Risiko.
  • Mengisi dan menandatangani Aplikasi Pembukaan Rekening Efek dari Perusahaan Sekuritas.
  • Melakukan transfer Dana ke rekening Perusahaan Sekuritas sebagai Deposit Awal (sesuai ketentuan berlaku).

Biaya-biaya *:

  • Pasar Perdana

Untuk transaksi di Pasar Perdana akan dikenakan biaya tertentu sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh Perusahaan Sekuritas atau Bank.

  • Pasar Sekunder :
    • Transaksi Pembelian : 0,25% dari nilai Transaksi atau biaya minimum Pembelian (mana yang lebih besar).
    • Transaksi Penjualan : 0,35% dari nilai Transaksi atau biaya minimum Penjualan (mana yang lebih besar).
    • Besarnya biaya minimum dan nominal biaya minimum transaksi Pembelian/ Penjualan ditetapkan oleh Perusahaan Sekuritas

2.2.8.5. Consumer Banking Treasure

Consumer Banking Treasury (CBT) merupakan unit di bawah Wealth Management Group - Direktorat Micro and Retail Banking yang menangani pelaksanaan transaksi produk-produk treasury meliputi transaksi today, tomorrow, spot, forward, swap dan surat berharga bagi nasabah perorangan serta transaksi banknotes.

Secara umum produk CBT yang tersedia adalah:

  1. Devisa Umum
    • Today, Tom, Spot
    • Derivative FX: Forward, Swap
  2. Retail Bonds
    • Surat Utang Negara (SUN)
    • Obligasi Negara Ritel (ORI)
    • Surat Berharga Syariah Negara (Sukuk Negara)
  3. Banknotes
    • Today, Tomorrow

Devisa Umum: Today, Tomorrow, Spot

  • Today adalah Transaksi membeli / menjual valuta asing lawan valuta lainnya, dimana penyerahan / settlement dananya dilakukan pada hari yang sama dengan tanggal transaksi.
  • Tomorrow adalah Transaksi membeli / menjual valuta asing lawan valuta lainnya, dimana penyerahan / settlement dananya dilakukan 1 (satu) hari kerja setelah tanggal transaksi.
  • Spot adalah transaksi membeli / menjual valuta asing lawan valuta lainnya, dimana penyerahan / settlement dananya dilakukan 2 (dua) hari kerja setelah tanggal transaksi.

Derivative FX: Forward, Swap

  • Forward adalah Transaksi/kontrak membeli/menjual valuta asing lawan valuta lainnya pada tanggal valuta dimasa yang akan datang dengan harga/rate yang sudah ditentukan sekarang (pada tanggal kontrak).
  • Swap adalah Suatu kontrak untuk membeli/menjual sejumlah valuta asing (reference currency) terhadap valuta asing lainnya (non-refference currency) pada tanggal valuta tertentu dan secara bersamaan disepakati untuk menjual/membeli kembali jumlah tersebut di masa yang akan datang dengan harga yang telah ditetapkan.

Retail Bonds

  • Surat Utang Negara (SUN) adalah surat berharga berupa surat pengakuan utang yang diterbitkan oleh Pemerintah RI yang dalam hal ini berbentuk Obligasi Negara yang berjangka waktu lebih dari 12 (duabelas) bulan dengan pembayaran kupon secara berkala dan minimum transaksi Rp. 250.000.000,-. Jenis SUN : Fixed Rate (Seri FR), Variable Rate (Seri VR)
  • Obligasi Negara Ritel (ORI) adalah Obligasi Negara dengan pembayaran kupon secara bulanan dengan minimum transaksi Rp. 5.000.000
  • Surat Berharga Syariah Negara (Sukuk Negara) adalah surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah berdasarkan prinsip syariah, sebagai bukti atas bagian penyertaan terhadap Aset Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), baik dalam mata uang rupiah maupun valuta asing

Banknotes: Today, Tomorrow

  • Today adalah Transaksi membeli / menjual Uang Kertas Asing (UKA), dimana penyerahan / settlement phisik UKA dilakukan pada hari yang sama dengan tanggal transaksi.
  • Tomorrow adalah Transaksi membeli / menjual Uang Kertas Asing (UKA), dimana penyerahan / settlement phisik UKA dilakukan 1 (satu) hari kerja setelah tanggal transaksi.

Daftar Authorized Money Changer (AMC):


  1. Jakarta Mal Taman Anggrek
  2. Jakarta Mal Puri Indah
  3. Jakarta Plaza Mandiri
  4. Jakarta Mal Pondok Indah 1
  5. Jakarta Mal Pondok Indah 2
  6. Jakarta Thamrin
  7. Jakarta Bandara Soekarno Hatta Terminal D
  8. Jakarta Bandara Soekarno Hatta Sela Panjang
  9. Jakarta Mal Kelapa Gading
  10. Jakarta Mangga Dua
  11. Jakarta Mangga Besar
  12. Jakarta Muara Karang Dalam
  13. Jakarta Roxy Mas
  14. Medan Balai Kota
  15. Batam Lubuk Baja
  16. Batam Raja Ali
  17. Padang Sudirman
  18. Palembang Arief
  19. Bandung Asia Afrika Selatan
  20. Yogyakarta Sudirman
  21. Surabaya Bandara Juanda
  22. Surabaya Genteng Kali
  23. Denpasar Legian
  24. Denpasar Gajah Mada
  25. Balikpapan Ahmad Yani
  26. Makassar Kartini
  27. Manado Sam Ratulangi

DSCN6309.JPG

2.3. Fasilitas Transaksi

2.3.1. Mandiri ATM

· Layanan m-ATM bisa dinikmati di semua pedagang yang sudah ikut program m-ATM. Pedagang m-ATM bisa dikenal dari Logo Layanan m-ATM di toko mereka.

· Untuk melakukan pembelian, pembayaran barang atau penarikan uang tunai di merchant m-ATM, nasabah hanya perlu memberikan nomor ponselnya ke merchant tersebut. Setelah transaksi dikirim oleh merchant, Bank Mandiri akan meminta nasabah pembeli untuk otorisasi transaksi tersebut di ponsel nasabah (seperti contoh di bawah).

· Pembayaran barang

Tarik Tunai

· Nasabah dianjurkan untuk memastikan kebenaran isi konfirmasi transaksi tersebut sebelum memasukkan PIN. Setelah PIN dimasukkan, Bank Mandiri akan mengirim notifikasi SMS bahwa transaksi pembayaran sudah BERHASIL dan rekening nasabah sudah didebit senilai jumlah pembelian barang/jasa.

· Setelah transaksi selesai diproses oleh sistim Bank Mandiri, merchant m-ATM Mandiri akan menerima notifikasi SMS yang sama bahwa pembayaran sudah BERHASIL dan dikredit ke rekening merchant. Sesudah menerima notifikasi SMS dari Bank Mandiri, nasabah pembeli akan menerima barang yang dibeli atau menerima uang tunai dari merchant tersebut.

2.3.2. DSCN6361.JPGMandiri Call

Mandiri Call, layanan perbankan otomatis 24 Jam melalui telepon atau ponsel yang membuat Anda semakin dekat dengan rekening Anda dan memudahkan Anda mengatur keuangan lebih leluasa tanpa batasan waktu dan tempat. Melakukan transaksi perbankan semudah Anda menekan tombol telepon

Dengan Mandiri Call Anda dapat melakukan :

  • Transfer antar rekening Bank Mandiri
  • Pembayaran tagihan :

    • Listrik (PLN),
    • PAM
    • Telepon/Handphone
    • Kartu Kredit
    • Tiket Pesawat/Kereta Api,
    • Iklan,
    • Internet,
    • Televisi berlangganan,
    • PBB,
    • Pendidikan,
    • Asuransi

  • Pembelian isi ulang pulsa
  • Pembukaan deposito rupiah
  • Informasi saldo rekening dan 10 transaksi terkahir
  • Informasi (suku bunga, kurs, rekening pinjaman), aplikasi pinjaman dan produk

Produk dan layanan perbankan Bank Mandiri
Layanan Faksimili

Fasilitas Tekan Cepat

Fasilitas “Tekan cepat” kami siapkan bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Mandiri Call dan ingin melakukan transaksi secara cepat. Silahkan melakukan intervensi langsung dengan menekan angka berturut-turut, pada sata mesin penjawab mengucapkan salam.

DSCN6363.JPG

2.3.3. Mandiri Internet






Transfer Dana

  • Transfer antar Rekening Mandiri
  • Transfer antar Bank Domestik
    • Dengan cara Sistim Kliring Nasional (SKN)
    • Dengan cara Real Time Gross Settlement (RTGS)
  • Daftar Transfer Terjadwal

Pembayaran

  • Telkom & Telepon CDMA
  • Telepon GSM
  • Internet
  • Kabel TV
  • Kartu Kredit
  • Listrik
  • PBB
  • Angsuran
  • PAM
  • Angsuran
  • Asuransi
  • Pendidikan
  • Kereta Api
  • Airlines
  • Autodebit
  • Lain-lain

Pembelian

  • Pulsa Telepon CDMA
  • Pulsa Telepon GSM

Informasi Rekening & Kartu Kredit

  • Rek. Tabungan & GIRO
    • Posisi Saldo
    • Histori Transaksi
    • Daftar Rekening
  • Rek. Deposito
  • Rek. Pinjaman
  • Informasi Kartu Kredit Mandiri

Fasilitas Layanan

  • Status Cek
  • Layanan Notifikasi SMS
  • Informasi Suku Bunga
  • Informasi Kurs

Informasi Aktivitas Internet Banking

Fungsi Administrasi (e.g. rubah alamat e-mail, ganti password, Authorized Payment)

Personalisasi (e.g. transaksi favorit, bahasa)

Keamanan Berlapis

  • Menggunakan sistem keamanan standard international dengan enkripsi SSL 128 bit(Secure Socket Layer 128 bit Encryption) yang akan mengacak data transaksi
  • Pengamanan pintu akses dengan Firewall (ISP>Web Server>Data Server>Host)
  • Proses pendaftaran melalui ATM Mandiri atau Cabang Bank Mandiri
  • Proses aktivasi di www.bankmandiri.co.id dengan Access ID & Access Code
  • Verifikasi user dengan User ID & PIN Internet Banking pada saat login
  • Auto Logoff (Session Time Out ) jika Nasabah lupa log-out
  • Seluruh aktifitas nasabah di Mandiri Internet akan tercatat oleh sistem
  • Nasabah dapat melihat seluruh aktifitas yang dilakukan pada Internet Banking Mandiri selama jangka waktu tertentu
  • Limit transaksi per hari hingga Rp. 100.000.000,-

Perangkat yang dibutuhkan untuk mengakses Mandiri Internet:

Perangkat Keras (Hardware):

  • PC Pentium 133 Mhz, atau lebih tinggi.
  • Modem 28.8 kbps (disarankan 56 kbps).

Perangkat lunak:

  • Operating System Windows 98, Windows 2000 atau Windows NT
  • Browser Microsoft Internet Explorer 5.00 atau Netscape Navigator 4.5

Koneksi Internet

  • Internet Account pada salah satu Internet Service Provider (Penyedia Jasa Internet) seperti Radnet, CBN, Indosatnet, dsb.
  • Instant Access : ( Telkomnet Instant atau ISP lainnya)

2.3.4. Mandiri Transfer

· Transfer Rupiah

o Jasa pengiriman uang dalam valuta rupiah yang dilaksanakan atas permintaan dan untuk kepentingan nasabah.

o Keuntungan

§ Memberikan kemudahan dalam transaksi pengiriman uang /pembayaran dalam mata uang rupiah dengan biaya yang kompetitif.

§ Aman dan cepat

o Ketentuan Umum

§ Dilayani di seluruh kantor cabang Bank Mandiri.

§ Dapat dilaksanakan oleh nasabah atau bukan nasabah.

§ Transfer dapat dilaksanakan atas dasar amanat berulang (standing instruction).

§ Penerima transfer adalah pemegang rekening Bank Mandiri, rekening Bank lain atau diambil tunai.

§ Setoran transfer Tunai/Non Tunai

o Jenis Transfer

§ Kliring, adalah layanan transfer antarbank skala nasional dimana jangka waktu penerimaan dana sesuai dengan ketentuan kliring Bank Indonesia.

§ RTGS, adalah layanan transfer antarbank skala nasional dimana dana efektif diterima di bank tujuan dalam hitungan menit, selama transaksi dilakukan sebelum batas waktu.

· Transfer Valuta Asing (Valas)

o Pengiriman uang dalam valuta asing antar bank dalam suatu negara maupun dengan bank di negara yang lain atas permintaan dan untuk kepentingan nasabah.

o Keuntungan

§ Memberikan kemudahan dalam transaksi pengiriman uang / pembayaran dalam valauta asing dengan biaya yang kompetitif.

§ Pengiriman uang / transaksi pembayaran akan lebih aman dan cepat.

o Ketentuan Umum

§ Dapat Dilayani di seluruh kantor cabang Bank Mandiri.

§ Tersedia bagi nasabah atau bukan nasabah.

§ Dapat dilaksanakan atas dasar amanat berulang (Standing Instruction).

§ Penerima transfer harus nasabah pemegang rekening di salah satu bank di dalam negeri atau luar negeri, transfer bukan untuk keuntungan pemegang rekening disarankan menggunakan Bank Draft.

§ Sumber dana tranfer dapat secara tunai, non tunai dan setoran lainnya seperti TC, Bank Draft dan warkat kliring.

2.3.5. Mandiri SMS

Syarat Pendaftaran Layanan

1. Memiliki rekening Tabungan, rekening Giro Rupiah dan atau Deposito Rupiah Mandiri serta telah memiliki Sim Card GSM Telkomsel, ProXL, Indosat (Satelindo dan IM3)

  1. Untuk pendaftaran di ATM, harus memiliki kartu ATM Mandiri. Untuk pendaftaran di cabang harus menunjukkan bukti identitas diri (KTP,SIM,Paspor,KIMS) dan bukti kepemilikan rekening (Buku Tabungan, kartu ATM Mandiri).

Cara Memperoleh Layanan

  1. Daftarkan nomor ponsel Anda di ATM Mandiri atau ke cabang Bank Mandiri.
  2. Jika mendaftar di ATM Mandiri, masuk ke Menu Pendaftaran eBanking, pilih SMS Banking dan tekan Pendaftaran Mandiri SMS lalu ikuti langkah selanjutnya.
  3. Setelah pendaftaran sukses, layanan SMS Banking Anda siap digunakan.

BAB III

PENUTUP

1. Kesimpulan

Jadi produk Bank Mandiri meliputi:


a) Mandiri Tabungan

o Tabungan

o Bisnis

o Rencana

o Haji

o Valas

b) mandiri giro

c) mandiri deposito

o deposito

o deposito valas

d) mandiri debet

e) mandiri pra bayar

o gaz

o indomaret

o e toll

f) mandiri kredit

o kredit

o mandiri kredit konsumen

§ KPR

§ KPR multiguna

§ mitra karya

§ tunas KPM

g) mandiri prioritas

o mandiri prioritas

o merchan relation

h) mandiri inves, retail, btrokerage

o investasi

§ reksadana

§ obligasi

o bancassurance

§ AXA

§ mandiri investasi

§ mandiri jiwa

§ mandiri rencana

o retail brokerage

o consumer banking treasure


2. Kritik

· Kurang mengenalkan produk pada masyarakat.

· Kurang aktif menghimpun dana di masyarakat.

· Ttidak ada program beasiswa

· Bunga terlalu tinggi bagi masyarakat yang perekonomiannya menengah kebawah.

1. Saran

o Sebaiknya pihak bank lebih mengenalkan produk mereka pada masyarakat lebih terperinci.

o Mengadakan program menabung keliling, oleh sebuah mobil bank yang berjalan dari kampong ke kampong untuk menganbil setoran nasabah.

o Mengadakan program beasiswa untuk pelajar.

o Merendahkan bunga/ potongan perbulan bagi nasabah yang perekonomiannya menengah ke bawah.


DAFTAR PUSTAKA

www.bankmandiri.co.id

www.google.com


DSCN6329.JPGDSCN6302.JPGDSCN6304.JPGDSCN6303.JPGDSCN6299.JPG

DSCN6319.JPGDSCN6318.JPGDSCN6321.JPGDSCN6323.JPG


0 komentar:

Poskan Komentar