Pages
-
blog orang yang belajar dari masa lalu yang hadir di masa sekarang dengan wajah baru.. oyye!!
Mengenai Saya
Archives
Followers
PROPOSAL BUSINESS PLAN
SMANDA GARDEN ART
NAMA ANGGOTA :
NA’ILAH FAUZIYAH (15075)
INDAH ASLACHAL UMAH(15063)
SMA NEGERI 2
MALANG
2009
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
SMAN 2 Malang, merupakan salah satu sekolah yang mempunyai lahan kosong yang cukup luas, hanya saja lahan tersebut telah berupa dinding dinding pembatas ruaangan dan tembok. Lahan tersebut diusahakan dapat bermanfaat dan dikelola sebaik mungkin oleh warga SMAN 2 Malang. Sehingga lahan berupa tembok pun dapat bermanfaat dam menguntungkan.
Pemanfaatan dinding sekolah salah satunya dengan cara menggambar mural, tetapi murar tersebut hanya memberi kesan kotor dan ketidak aturan pelajar. Pemanfaatan lahan tembok yang menguntungkan salah satunya sebagai tempat pengembangbiakkan tanaman hias vegetatif, yang multifungsi dan mudah pengembangbiakkanya oleh siswa, atau warga SMAN 2 Malang lainnya.
Selain sebagai pemanfaatan lahan dan penghias ruangan, usaha pembudidayaan tanaman di SMAN 2 Malang juga bertujuan sebagai penghijauan sekolah, agar sekolah terlihat nyaman, suasana lingkungan sekolah lebih segar, dan terkesan lebih rindang. Sehingga fenomena ini bisa membuat ketertarikan siswa untuk belajar dan berlama lama disekolah.
Usaha pemanfaatan lahan sekolah, pelestarian tanaman hias, dan penghijauan sekolah tidak lepas dari usaha dan kerjasama warga SMAN 2 Malang, termasuk sumbangsih dari siswa, kegiatan ini juga bermanfaat pada siswa, karena dengan diadakannya kegiatan seperti ini, akan melatih dan membiasakan siswa untuk merawat tanaman, mencintai tumbuhan, dan melestarikan lingkungan.
B. Profil / Uraian Usaha
SMAN 2 Malang GARDEN ART adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang produksi tanaman hias, dan jasa layanan penataan taman yang bertujuan sebagai dekorasi pada acara acara di sekolah atau acara lainnya di luar sekolah.
C. Visi Misi Usaha
Visi:
1. Prinsipnya adalah kesejahteraan bersama bagi pengelola usaha di SMAN 2 Malang dan pemilik modal (sebagaian besar dari siswa)
Misi:
1. Menyediakan tempat atau lingkungan yang asri sebagai tempat belajar. Karena lokasi budidaya tanaman hias berada di lingkungan sekolah.
2. Dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang tanaman hias, dan jasa penataan tanaman (luar sekolah dan di dalam area sekolah)
3. Menyediakan lahan praktek kerja kewirausahaan bagi siswa
4. Melengkapi sarana belajar pendukung mata belajaran siswa (biologi, geografi, seni, ekonomi, bahasa, dll)
D. Struktur Usaha
Penasehat : H. Mushoddaqul Umam, S.Pd
Penanggung jawab : P. Zaenal Arifin
Direktur : Indra Kharis
Sekertaris I : Indah Ashlachal Ummah
Sekertaris II : Fidya Taufiqi
Bendahara : Na’ilah Fauziyah
Pegawai Tetap : P. Kardi
Pegawai part time : Seluruh siswa SMANDA yang tergabung dalam 20 ekstra kulikuler
. BAB II
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
A. Analisis SWOT
S = STRENGTH/Kekuatan
à konsumen mendapatkan tumbuhan yang sama kualitasnya dengan pasar di luar sekolah
à konsumen dari sekolah tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi
à guru dan siswa dapat mendapatkan bibit dengan mudah.
W = WEAKNESS/Kelemahan
à Efektif waktu KBM, tetapi waktu diluar KBM berjalan kurang efektif.
à Hanya tanaman pot yang dapat dibudidayakan. Dan hanya tanaman vegetatif yang bisa dikembangkan
O = OPPORTUNITY/Kesempatan
à Terbentuknya sikap kepedulian siswa untuk melestarikan lingkungan dengan menbudidayakan tanaman hias.
à Meningkatkan eksistensi kelompok ekstrakulikuler
à Terbentuknya kelompok piket, dan membantu terpeliharanya tenaga part time
àMempunyai keuntungan dari hasil produk dan jasa tanaman hias.
T = TRENGTED/Kendala
à Ada siswa yang tidak konsekwen dengan tugasnya
à Ada tanaman penyakit yang menular
à Konsumen menginginkan tanaman hias yang variatif
B. Segmentasi Pasar
1. Siswa SMANDA dan keluarganya
2. Guru dan Karyawan
3. Masyarakat luas/ Instansi
C. Strategi Pemasaran
1. Penggunaan Moment
Disarankan dalam acara acara sekolah selalu memakai obyek bunga, digunakan dalam lomba, sebagai hadiah, penghargaan, dll.
2. Pameran
Mempromosikan tanaman hias sekolah pada festifal agenda luar sekolah dan agenda sekolah untuk mendapat keuntungan dari penjualan.
3. Promosi
Menggunakan brosur yang disebarkan di sekolah
4. Diklat
Kaderisasi calon calon penerus usaha di sekolah kepada murid yang memenuhi criteria sebagai pemimpin usaha.
BAB III
ASPEK PRODUKSI
A. Bahan Baku
1. Tanaman hias
à Lidah mertua
à Lidah buaya
2. Pot
3. Tanah
4. Pupuk
B. Peralatan
1. Gunting stek
2. Alat penyiram
3. Sekop
C. Proses Produksi
1. Mempelajari tanaman hias disekolah, mendata jenis tanaman tanaman yang berpotensi di budidayakan
2. Menyediakan media penanaman di lokasi pembibitan
3. Melakukan penanaman anakan yang diambil dari induknya
4. Membagi tujas pekerjaan
5. Mensosialisasikan kegiatan usaha produk diambil dan jasa penataan tanaman/ tanaman hias di sekolah
6. Menata penempatan pemeliharaan tanaman di lokasi pembibitan
7. Jadwal kegiatan
D. Jumlah Produk yang Dihasilkan Dalam 1 Bulan
= 5 pot@hari X hari efektif KBM
= 5 pot X 25hari
= 125 pot/ bln
E. Pasokan Bahan Baku
1. Sumbangan dari siswa SMAN 2 MALANG
2. Pembelian secara grosir di agen tanaman di kota Malang
3. Tanaman yang ada di SMAN 2 MALANG, yang kurang perawatan
BAB IV
ASPEK KEUANGAN
Fixed Cost | Variable Cost |
Peralatan =Rp. 70.000 Upah Tenaga Kerja = Rp. 50.000 Biaya Transportasi = Rp. 10.000 | buah lidah mertua = Rp. 50.000 buah lidah buaya = Rp. 50.000 pot/ polybag = Rp. 20.000 tanah = Rp. 50.000 sak pupuk = Rp. 80.000 |
Total =Rp. 130.000 = Rp. 250.00
Biaya 1 kali produksi, 1 hari
buah lidah mertua = Rp. 50.000
buah lidah buaya = Rp. 50.000
pot/ polybag = Rp. 20.000
tanah = Rp. 50.000
sak pupuk +
= Rp. 80.000
= Rp. 250.000
Out pu t: 4
Fixed Cost = Rp. 130.000 : 4 = Rp. 32.500
+
Variable Cost = Rp. 250.000 : 4 = Rp. 62.500
Rp. 95.000
+
Mark up 5% X Rp. 95.000 Rp 4.750
Rp. 99.750 : 4 = Rp. 25.000 (Pembulatan):4
= Rp 6.250
Harga per produk = Rp. 6.500
JURNAL
Kas | Rp 5.000.000 |
Hutang | Rp 5.000.000 |
Peralatan | Rp. 70.000 |
Modal | Rp. 70.000 |
Mulai Produksi | |
Bahan Baku | Rp. 250.000 |
Kas | Rp 250.000 |
Transportasi | Rp 30.000 |
Kas | Rp. 30.000 |
Tenaga kerja | Rp. 60.000 |
Kas | Rp 60.000 |
Biaya ALT | Rp 150.000 |
Kas | Rp 150.000 |
Biaya Lailn lain | Rp 30.000 |
Kas | Rp 30.000 |
Kas | Rp 780.000 |
Penjualan | Rp 780.000 |
Hutang | |
Rp 5.000.000 | |
NERACA
Kas | |||||
Rp. 5.000.000 + Rp. 5.780.000 | Rp. 250.000 Rp. 30.000 Rp. 60.000 Rp. 150.000 + Rp. 520.000 |
Peralatan | |
Rp 70.000 | |
Kredit | |
Rp 70.000 | |
Bahan Baku | |
Rp 250.000 | |
Biaya Transportasi | |
Rp. 30.000 | |
Biaya LAT | |
Rp 150.000 | |
Penjualan | |
Rp 780.000 | |
Biaya Tenaga Kerja | |
Rp 60.000 | |
Biyan Lain lain | |
Rp 30.000 | |
NERACA SALDO
No | Keterangan | Debit | Kredit |
1. | Kas | Rp. 5.260.000 | |
2. | Hutang | | Rp. 5.000.000 |
3. | Peralatan | Rp. 70.000 | |
4. | Modal | | Rp. 70.000 |
5. | Bahan Baku | Rp. 250.000 | |
6. | Biaya Transportasi | Rp. 30.000 | |
7. | Biaya Tenaga Kerja | Rp. 60.000 | |
8. | Hasil Penjualan | | Rp. 780.000 |
9. | Biaya LAT | Rp. 150.000 | |
10. | Biaya Lain lain | Rp. 30.000 | |
Jumlah | Rp. 5.850.000 | Rp. 5.850.000 |
PERHITUNGAN LABA
Produksi = Rp. 780.000
Biaya Transportasi = Rp. 30.000
Biaya Tenaga Kerja = Rp. 60.000
Biaya LAT = Rp. 150.000
-
Biaya Lain lain = Rp. 30.000
Laba Rp. 270.000
Presented by airline carry on luggage, Orlando Hotels, SharePoint, Designed by Dedicated Servers.